MODEL PENDIDIKAN HALAQAH WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR TAHUN 2008

Beny, Beny (2009) MODEL PENDIDIKAN HALAQAH WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR TAHUN 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000060115.pdf

Download (114kB)
[img] PDF
G000060115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Wahdah Islamiyah Makassar sebagai ormas Islam yang baru tumbuh di Indonesia dan cukup berhasil mengembangkan satu model pendidikan dalam bentuk halaqah yang memiliki karakteristik: 1) pendidikan (tarbiyah) yang dilakukan Wahdah Islamiyah Makassar memberikan perhatian yang besar pada pembinaan generasi muda. 2), pendidikan (tarbiyah) yang dilakukan Wahdah Islamiyah identik dengan pembinaan akidah, tauhid, iman dan amal saleh. 3) sistem pendidikan halaqah cukup efektif sebagai sarana untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai ajaran Islam. 4) sistem pendidikan halaqah merupakan sistem yang dirancang sebagai sarana pembelajaran Islam seumur hidup dalam rangka membentuk muslim paripurna. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran model pendidikan halaqah Wahdah Islamiyyah dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat untuk diklasifikasikan apakah model pendidikan halaqah ini termasuk pendidikan formal, nonformal, atau informal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi (partsipan), wawancara, dan dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan data dari sumber data yang terdiri dari pendidik (murabbi) dan peserta didik (mutarabbi) untuk mengetahui gambaran sistem pendidikan halaqah yang diselenggarakan oleh Wahdah Islamiyyah Makassar dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan halaqah Wahdah Islamiyyah Makassar adalah model pendidikan nonformal yang yang penyelengaraannya berdasarkan nilai-nilai rabbaniyyah yang diambil dari al-Qur'an dan Sunnah dengan pemahaman Ahlussunnah Wal Jama'ah dimana model pendidikan ini lebih fleksibel, luwes, efektif dan efisien. Fleksibel jika dilihat dari segi syarat peserta didik, waktu, tujuan, syarat pendidik dan metode pengajaran dalam arti tidak ada tuntutan syarat tertentu bagi peserta didik, waktu penyelengaraan yang dapat disesuaikan dengan kesempatan yang ada, tujuan dapat luas dan dapat pula spesifik sesuai dengan kebutuhan, tidak diperlukan syarat yang ketat bagi para pendidik dan metodenya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Luwes, murah serta dapat menghasilkan dalam waktu yang relatif singkat. Efektif dan efisien karena model pendidikan halaqah Wahdah Islamiyyah diselenggarakan secara spesifik sesuai kebutuhan dan tidak memerlukan syarat yang ketat dalam penyeleggaraannya. Dalam pelaksanaan pendidikan ini terdapat faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan proses pendidikan halaqah. Faktor-faktor yang mendukung berupa unsur-unsur yang cukup memadai sebagi sebuah sistem pendidikan, sedangkan faktor-faktor yang menghambat terdiri dari faktor awal proses pendidikan, personal dan pendidik (murabbi)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: halaqah, wahdah islamiyah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 16 Jul 2009 08:04
Last Modified: 19 Nov 2019 02:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3598

Actions (login required)

View Item View Item