Azis , Muhammad (2009) USAHA SEKOLAH DALAM PENYELENGARAAN KTSP (Studi Kasus di SDIT Al-Huda Wonogiri Pada Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000060085.pdf Download (190kB) |
|
PDF
G000060085.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
Abstract
Pemerintah mulai menerapkan kurikulum baru pada tahun ajaran 2007/2008 yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai upaya penyempurnaan dan pengembangan dari kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004. KTSP memberikan otonomi yang luas kepada satuan pendidikan/sekolah untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat sekitarnya. Sekolah dituntut untuk mempersiapkan komponen-kompenen pendidikan dalam rangka penerapan KTSP di sekolah masing-masing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja usaha sekolah dalam penyelenggaraan KTSP di SDIT Al-Huda Wonogiri Tahun ajaran 2007/2008 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi usaha-usaha Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Huda Wonogiri dalam penyelengaraan KTSP. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian adalah Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Huda Wonogiri, dan obyek penelitian adalah usaha-usaha SDIT Al-Huda Wonogiri dalam penyelenggaraan KTSP. Selain itu dapat mengembangkan hasil penelitian bagi Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Huda Wonogiri agar lebih maksimal dan baik dalam penyelengaraan KTSP. Pendekatan penelitian dengan menggunakan penelitian lapangan. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari individu obyek penelitian yang kompeten yakni Kepala Sekolah, guru, dan pegawai SDIT Al-Huda Wonogiri. Sedangkan analisis data dengan menggunakan metode komparasi, yaitu perbandingan antara kerangka teoritik dengan fakta yang ada di lapangan, sehingga dari hasil komparasi tersebut dapat ditarik kesimpulan yang berupa data-data yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan usaha-usaha sekolah dalam penyelengaraan KTSP di SDIT Al-Huda yang meliputi: Sosialisasi KTSP, Mengirim guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, Mengadakan pelatihan KTSP di sekolah, Mengikuti kelompok kerja guru (KKG) di tingkat kecamatan, Membentuk tim khusus untuk membuat kurikulum, Menguatkan hubungan sekolah dengan komite, Peningkatan pelayanan administrsi, Memotivasi guru untuk mengembangkan silabus menjadi RPP, Melakukan monitoring dan evaluasi. Kendala-kendala yang menghambat penerapan KTSP di SDIT Al-Huda Wonogiri meliputi: Kurangnya pembinaan dan penataran Guru tentang KTSP, Administrasi sekolah yang belum rapi, Kepemimpinan sekolah yang belum maksimal, Sebagian warga sekolah belum memiliki budaya mutu yang tinggi dan belum profesional.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENYELENGARAAN KTSP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 16 Jul 2009 07:39 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 12:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3592 |
Actions (login required)
View Item |