Fatmajanti, Umi and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2015) Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (704kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh strategi pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika. (2) pengaruh tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika. (3) interaksi strategi Discovery Learning dan Problem Based Learning serta tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian dua kelas di ambil dengan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dan sebelumnya dilakukan uji asumsi yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh: 1) tidak ada pengaruh strategi pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5% . (2) tidak ada pengaruh tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5%. (3) tidak ada interaksi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning serta tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, hasil belajar, kemampuan awal, problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Fatmajanti |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 07:08 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 15:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35827 |
Actions (login required)
View Item |