Pengaruh strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD negeri Dagen 01 Jaten Karanganyar Tahun pelajaran 2014/2015

Indri Yani, Nur Fadilah and , Saring Marsudi (2015) Pengaruh strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD negeri Dagen 01 Jaten Karanganyar Tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (452kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Strategi mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Dagen 1 Jaten Karanganyar Tahun 2015/2016. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IVB SD Negeri Dagen I Jaten yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian adalah pre-experimental dengan menggunakan One Group Pretest-postest, dengan variabel strategi pembelajaran mind mapping (variabel bebas) dan hasil belajar (variabel terikat). Metode pengumpulan data penelitian menggunakan; tes dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Analisa data menggunakan uji t berpasangan untuk α 0,05.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh thitung sebesar 8,328 lebih besar dari ttabel (>ttabel 2,045) dan sig. 0,000 (<0,05) lebih kecil dari taraf signifikansi 5%, sehingga dapat diartikan regresi antara variabel terikat hasil belajar (Y) dengan variabel bebas strategi pembelajaran mind mapping (X) berpengaruh signifikan dengan nilai rata-rata dari 65,3 meningkat menjadi 76,7. Sehingga perhitungan tersebut berarti hipotesis kerja (H1) diterima yaitu, “Ada terdapat perbedaan signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah (pre test dan post test) antara penggunaan strategi mind mapping (peta pikiran) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri Dagen 1 Jaten Karanganyar Tahun ajaran 2014/2015.”

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, mind mapping, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Fadilah Indri Yani
Date Deposited: 03 Aug 2015 06:30
Last Modified: 06 Oct 2021 05:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35820

Actions (login required)

View Item View Item