Riyadi, Endro Jarot and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2015) Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatka Minat Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Domas Wonogiri Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (halaman depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf Download (956kB) |
|
PDF (bab I)
4. BAB I.pdf Download (176kB) |
|
PDF (bab II)
5. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
PDF (bab III)
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
PDF (bab IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (712kB) |
|
PDF (bab V)
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
PDF (daftar pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
PDF (lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (surat pernyataan naskah publikasi)
1. SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
2.%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf Download (479kB) |
Abstract
ABSTRAK PENERAPAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS PADA SISWAKELAS IV SD NEGERI 1 DOMAS WONOGIRI TAHUN AJARAN 2014/2015 ENDRO JAROT RIYADI A510110149 Endro Jarot Riyadi, A510110149, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Domas Wonogiri Tahun Ajaran 2014/ 2015 melalui strategi Make A Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Domas yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu periode pengumpulan, reduksi data, penyajian data (display data), dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar IPS pada siswa kelas IV melalui strategi Make A Match. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian minat belajar siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II yaitu: dari 16 siswa yang ada, minat belajar tinggi pada pra siklus prosentasenya adalah 0% saja. Adapun, pada siklus I pertemuan 1 minat belajar tinggi siswa prosentasenya meningkat menjadi 6,25% dan pada pertemuan 2 juga meningkat dengan prosentase 25%. Selanjutnya, pada siklus II prosentase minat belajar tinggi siswa juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni 43,75% pada pertemuan 1 dan naik prosentasenya menjadi 81,25% dalam pertemuan ke-2 diakhir siklus II. Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Make A Match dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar, strategi Make A Match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Endro Jarot Riyadi |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 03:18 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 16:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35764 |
Actions (login required)
View Item |