PENERAPAN STRATEGI "TAKRIR" DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN DI TPQ BAROKAH GONILAN KARTASURA

Rustasir, Rustasir (2009) PENERAPAN STRATEGI "TAKRIR" DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN DI TPQ BAROKAH GONILAN KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000060058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
G000060058.pdf

Download (404kB)

Abstract

Mengajarkan Al-Qur’an adalah tugas yang mulia, baik dihadapan manusia terlebih dihadapan Allah. Namun dalam kenyataannya, ada sebagian pendidik merasa kesulitan untuk mengajarkannya. Diantara penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Metode pembelajaran ini sangat penting, karena proses pembelajaran tidak hanya melakukan pada apa yang diajarkannya, tetapi bagaimana mengajarkannya sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik, maka metode pembelajaran harus sesuai dengan waktu, kondisi dan bidang. Oleh karena itu penulis berusaha meneliti penerapan strategi “Takrir” dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di TPQ Barokah Gonilan Kartasura. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan-permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan penerapan strategi “Takrir” dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di TPQ Barokah Gonilan Kartasura? Apa saja kendala-kendala yang dijumpai?. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan strategi “Takrir” di TPQ Baraokah Gonilan Kartasura serta kendala-kendala yang dijumpai. Dari tujuan tersebut diharapkan memberikan manfaat dalam memajukan teknis penerapan strategi “Takrir” dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di TPQ Barokah. Serta memberikan masukan dan solusi kepada lembaga terkait khususnya para guru (Asatidz) dalam menerapkan Strategi "Takrir". Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena data tidak berbentuk angka yang ditandai dengan pelaporan data dari subjek yang diteliti. Subjek dari penelitian ini adalah ustadz/ustadzah kelas tahfidz sebanyak tiga orang dan santri yang berjumlah delapan anak. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode yaitu eksperimen, observasi, serta wawancara terbimbing (Guide Interview) yaitu metode wawancara dengan pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya kemudian hasil dari data dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa penerapan strategi “Takrir” dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di TPQ Barokah Gonilan Kartasura sudah cukup baik dan efektif. Hal ini disebabkan pula dalam kegiatan pembelajarannya ustadz/ustadzah menggunakan metode muroja'ah yang terjadwal secara sistematis dan variatif yang dilakukan sebagai sarana pendukung untuk memudahkan santri dalam menjaga hafalan lama maupun hafalan baru. Adapun kendala-kendala yang dijumpai dalam penerapan strategi tersebut banyak dipengaruhi dari berbagai pihak yang saling berkaitan seperti ustadz/ustadzah, santri dan orang tua.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tahfidzul Qur'an, takrir, TPQ
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jul 2009 08:56
Last Modified: 03 Jan 2012 10:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3573

Actions (login required)

View Item View Item