Oktaviasari, Oktaviasari and , Drs. H. Djalal fuadi, MM. (2015) Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Metode Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02.NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (257kB) |
|
PDF (BAB I)
04.BAB I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (BAB II)
05.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
PDF (BAB III)
06.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
PDF (BAB IV)
07.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
PDF (BAB V)
08.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (40kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
03. HALAMAN JUDUL.pdf Download (899kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10.LAMPIRAN.pdf Download (949kB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIA1.pdf Download (60kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru, pengaruh fasilitas belajar serta pengaruh metode mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 140 siswa, dan sampel 100 siswa diperoleh dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Sebelumnya angket yang telah diuji-cobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji anova satu jalur dan uji t.Kesimpulan yang diperoleh: 1) Ada pengaruh metode mengajar guru terhadap keaktifan belajar. Berdasarkan hasil uji anova satu jalur diperoleh Fhitung > Ftabel,yaitu 3,627 > 3,07 (α=5%) dan nilai signifikansi <0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh fasilitas belajar terhadap keaktifan belajar. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung> Ftabel, yaitu 3,118 > 3,07 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,040. 3) Ada pengaruh metode mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap keaktifan belajar. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung -2,081 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,040.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode mengajar guru, fasilitas belajar, keaktifan belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Oktaviasari |
Date Deposited: | 05 Aug 2015 05:54 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 02:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35694 |
Actions (login required)
View Item |