Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Metode Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Oktaviasari, Oktaviasari and , Drs. H. Djalal fuadi, MM. (2015) Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Metode Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02.NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (257kB)
[img] PDF (BAB I)
04.BAB I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (BAB II)
05.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (BAB III)
06.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (BAB IV)
07.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (BAB V)
08.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (899kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10.LAMPIRAN.pdf

Download (949kB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIA1.pdf

Download (60kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru, pengaruh fasilitas belajar serta pengaruh metode mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 140 siswa, dan sampel 100 siswa diperoleh dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Sebelumnya angket yang telah diuji-cobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji anova satu jalur dan uji t.Kesimpulan yang diperoleh: 1) Ada pengaruh metode mengajar guru terhadap keaktifan belajar. Berdasarkan hasil uji anova satu jalur diperoleh Fhitung > Ftabel,yaitu 3,627 > 3,07 (α=5%) dan nilai signifikansi <0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh fasilitas belajar terhadap keaktifan belajar. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung> Ftabel, yaitu 3,118 > 3,07 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,040. 3) Ada pengaruh metode mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap keaktifan belajar. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung -2,081 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,040.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode mengajar guru, fasilitas belajar, keaktifan belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Oktaviasari
Date Deposited: 05 Aug 2015 05:54
Last Modified: 12 Oct 2021 02:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35694

Actions (login required)

View Item View Item