A’yun, Qurrota and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si. and , Dra. Chusniatun, M.Ag. (2015) Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (812kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (300kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (pernyataan)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
Abstract
Anak usia dini yaitu usia 0-6 tahun, merupakan manusia kecil yang masih polos dan putih. Lingkungan memberikan warna berupa pengalaman. Pengalaman yang diperoleh tersebut yang akan menentukan pola pikir dan sifat alami atau karakter anak. Oleh karena itu orang tua sebagai tempat persemaian tumbuh kembang anak-anaknya memegang peranan yang amat penting khususnya dalam menentukan pendidikan yang tepat untuk anak anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran orang tua dalam implementasi homeschooling pada anak usia dini, serta mengetahui hasil belajar yang diperoleh anak melalui program homeschooling. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif study kasus. Informan penelitian 1 keluarga, dengan informan utama orang tua, dan informan pendukung anak, paman, dan guru. Data diperoleh dengan wawancara dan observasi partisipan pada keluarga. Data kemudian diolah dengan menggunakan analisis tema. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah Orang tua mengkondisikan lingkungan keluarga sebaik mungkin untuk menunjang pendidikan anak, hal ini dibuktikan dengan diputarkan ayat-ayat Al-qur’an setiap malam, orang tua selalu meluangkan waktu untuk anak, dan komunikasi yang baik dalam keluarga. Selanjutnya adanya komitmen dan peran aktif orang tua dalam pelaksanaan homeschooling anak usia dini juga memiliki dampak positif untuk kemampuan akademik maupun non akademik anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran orang tua, pendidikan, anak usia dini |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Qurrota A'Yun |
Date Deposited: | 10 Aug 2015 03:36 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 14:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35665 |
Actions (login required)
View Item |