PENERAPAN METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI

Zulaikhoh, Siti (2009) PENERAPAN METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040072.pdf

Download (167kB)
[img] PDF
A310040072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Ngemplak melalui penerapan metode field trip, (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Ngemplak melalui penerapan metode field trip. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Ngemplak kabupaten Boyolali. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Ngemplak dan objeknya adalah proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis deskripsi yang terjadi di kelas X-1.Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indicator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode field trip dapat meningkatkan pembelajaran menulis. Hal ini ditandai dengan persentase keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 60% sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 70%. (2) penerapan metode field trip dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis deskripsi. Hal ini ditandai dengan nilai hasil tulisan siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai terendah siswa 45 dan nilai tertinggi siswa adalah 74 sedangkan pada siklus II nilai terendah siswa 50 dan nilai tertinggi siswa adalah 80, (3) ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Dalam pretes hanya 10 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar (memperoleh nilai 65 ke atas). Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 38,09% atau 16 siswa dan pada siklus II menjadi 75,6% atau 31 siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis deskripsi, field trip, penelitian tindakan kelas (PTK)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Jul 2009 08:20
Last Modified: 10 May 2012 05:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3565

Actions (login required)

View Item View Item