NURDIYANTO, NURDIYANTO (2009) PENGARUH PELATIHAN RELAKSASI TERHADAP STRES KERJA KARYAWAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100020079.pdf Download (58kB) |
|
PDF
F100020079.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
Abstract
Pertumbuhan dan persaingan dunia kerja saat ini sedang berkembang pesat, sehingga stres telah menjadi bagian dari pekerjaan yang sudah tidak dapat dihindari lagi. Stres pada tingkat tertentu merupakan stimulasi yang baik bagi seseorang untuk berkembang, namun apabila tingkatnya terlalu tinggi dan seseorang tidak mampu lagi menghadapinya, maka stres memiliki sisi negatif yaitu berdampak pada fisik, psikis, dan perilaku yang akan mengganggu kinerja. Akhirnya perusahaanlah yang akan mendapat kerugian dari masalah ini, karyawan yang mengalami stres kerja yang berlebihan cenderung menjadi tidak optimal dalam bekerja. Salah satu upaya untuk menangani stres kerja yang dihadapi karyawan dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan relaksasi, sehingga nantinya karyawan akan mampu untuk mengatasi stres kerja yang mereka alami dengan menggunakan metode relaksasi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pelatihan relaksasi terhadap stres kerja karyawan. Dengan hipotesis ada pengaruh pelatihan relaksasi terhadap stres kerja karyawan, yaitu subjek yang mendapatkan pelatihan relaksasi dapat berkurang tingkat stres kerjanya dibandingkan pada saat subjek belum mendapatkan pelatihan relaksasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Bank Niaga Manahan Surakarta dengan sampel sebanyak 22 orang yang kemudian dibagi 2 kelompok eksperimen dan kontrol yang didapat dari teknik purposif random sampling, dimana peneliti telah menentukan karakteristik subyek yaitu : pendidikan minimal DIII, belum pernah mengikuti pelatihan relaksasi, dan memiliki skor stress kerja tinggi. Metode pengumpulan data dan alat ukur yang digunakan adalah metode angket berbentuk skala stres kerja yang diberikan sebanyak dua kali yaitu sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pelatihan relaksasi (perlakuan). Rancangan eksperimen menggunakan Randomize control group pretest-postest design. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik nonparametrik wilcoxon match pairs test untuk sampel related / dependent dan mann whitney U-test untuk sampel independent. Hasil analisis data dengan wilcoxon match pairs test pada kelompok eksperimen diperoleh nilai T sebesar 0,000 dengan p < 0,01, dengan rerata sebelum pelatihan sebesar 130,818 dan sesudah pelatihan sebesar 113,455. Hal ini menunjukan bahwa ada penurunan yang sangat signifikan stres kerja antara sebelum dan setelah pelatihan relaksasi. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai T sebesar 19,000 dengan p > 0,05, rerata pretest sebesar 129,272 dan rerata postest sebesar 124,636. Hal ini menunjukan tidak ada penurunan stres kerja yang signifikan. Hasil analisis data dengan mann whitney U-test untuk skor pretest antara kedua kelompok diperoleh nilai z sebesar 0,624 dengan probabilitas 0,533 (p > 0,05). Hal ini menunjukkan perbedaan nirsignifikan tingkat stres kerja sebelum pelatihan relaksasi antara kedua kelopok. Sedangkan untuk skor posttest antara kedua kelompok diperoleh nilai z sebesar 2,331 dengan probabilitas 0,020 (p < 0,05). Hal ini meneunjukkan ada perbedaan yang signifikan tingkat stres kerja setelah pelatihan relaksasi antara kedua kelompok. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penurunan stres kerja disebabkan oleh adanya pelatihan relaksasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan relaksasi mempunyai pengaruh yang positif terhadap penurunan stres kerja.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stress kerja, Relaksasi, pelatihan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 15 Jul 2009 08:26 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 05:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3564 |
Actions (login required)
View Item |