Kurniawan, Erwin (2009) PERAN GURU PAMONG DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI SMP ISALM TERPADU AT-TAQWA KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000060057.pdf Download (52kB) |
|
PDF
G000060057.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
Abstract
Keberadaan bimbingan dan konseling di sekolah yang mengatasnamakan Islam dalam menjalankan tugas bimbingan tentunya harus berpegangan pada Islam baik dalam fungsi preventif maupun kuratif. Terkait bimbingan dan konseling Islami maka, guru pamong sebagai guru pembimbing yang mempunyai latar belakang pendidikan pesantren yang kurang akan pengalaman dan pengetahuan dalam teknik bimbingan dan konseling, mempunyai peran di dalam bimbingan dan konseling Islami. Oleh karena itu peran guru pamong dalam bimbingan dan konseling Islami di SMP IT At-Taqwa Miri merupakan sesuatu yang perlu diketahui. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru pamong dalam bimbingan dan konseling Islami di SMP IT At-Taqwa Miri Sragen?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru pamong dalam bimbingan dan konseling Islami di SMP IT At-Taqwa Miri Sragen. Sedangkan manfaatnya, bagi peneliti adalah untuk membuktikan kebenaran teori-teori yang ada dengan keadaan yang lebih nyata, bagi sekolah adalah sebagai bahan masukan untuk lebih memperhatikan permasalahan-permasalahan siswa sehingga dalam masalah-masalah perkembangan anak tersebut mampu menghadapinya dan menyelesaikannya sesuai yang diharapkan dan bagi siswa sendiri adalah sebagai bahan masukan dan renungan bagi siswa untuk mengintropeksi diri terhadap masalah yang dihadapinya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan deskritif kualitatif, dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis data, penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, yaitu data yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan dengan tiga langkah: (a) reduksi data (data reduction), (b) penyajian data (data display), (c) penarikan kesimpulan (verification) yang ketiga langkah tersebut bersifat interaktif. Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian dideskipsikan dan dianalisis, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa : Guru pamong SMP IT At-Taqwa Miri telah berperan dalam bimbingan dan konseling Islami. Keberadaan guru pamong melalui serangkaian kegiatan bimbingan yang diselenggarakan telah berhasil dalam rangka bimbingan dan konseling Islami, adapun kegiatan tersebut yaitu layanan orientasi, layanan bimbingan belajar, layanan informasi, layanan bimbingan dan konseling kelompok, layanan konseling perorangan, kunjungan rumah. Faktor pendukung terselenggaranya semua kegiatan adalah adalah dukungan dan berperannya seluruh elemen masyarakat sekitar yang mendukung program-program yang dilaksanakan oleh sekolah terutama program bimbingan dan konseling islami
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru pamong, bimbingan dan konseling |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 15 Jul 2009 08:22 |
Last Modified: | 14 Jun 2011 05:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3561 |
Actions (login required)
View Item |