HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KECELAKAAN TRANSPORTASI UDARA DENGAN CITRA MASKAPAI PENERBANGAN

Romadhani, Rissa (2008) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KECELAKAAN TRANSPORTASI UDARA DENGAN CITRA MASKAPAI PENERBANGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100030095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Akhir-akhir ini banyak diberitakan di media cetak ataupun di media elektronik tentang kecelakaan dalam sarana tranportasi. Salah satunya adalah kecelakaan pesawat terbang. Keinginan perusahaan angkutan udara (maskapai penerbangan Garuda) untuk mempertahankan citranya, selamanya tidak dapat terwujukan. Ada peristiwa-peristiwa yang tak terduga, baik itu maskapai penerbangan Garuda, Adam Air, atau maskapai penerbangan lainnya mengalami kecelakaan. Kecelakaan yang dialami oleh maskapai penerbangan adalah peristiwa yang tidak diharapkan bagi perusahaan ataupun konsumen, karena kecelakaan yang terjadi bukan tindakan kesengajaan dari perusahaan. Peristiwa kecelakaan maskapai penerbangan adalah musibah. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara persepsi konsumen terhadap kecelakaan transportasi udara dengan citra maskapai penerbangan. (2) Tingkat citra maskapai penerbangan. (3) Tingkat persepsi konsumen terhadap kecelakaan transportasi udara. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara persepsi konsumen terhadap kecelakaan transportasi udara dengan citra maskapai penerbangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 73 konsumen yang menggunakan maskapai penerbangan di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta sebagai sampel try out dan 63 konsumen sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode skala. Selanjutnya data dalam penelitian ini dianalisis dengan korelasi product moment, yaitu mencari hubungan antara variabel persepsi konsumen terhadap kecelakaan transportasi udara dengan citra maskapai penerbangan. Alat ukur yang digunakan untuk mengungkap variabel-variabel penelitian adalah skala persepsi konsumen terhadap kecelakaan transportasi udara dan skala citra maskapai penerbangan. Berdasarkan hasil analisis data dengan teknik korelasi product moment diperoleh hasil rxy = 0,103 dengan p > 0,05 yang berarti tidak ada hubungan antara persepsi konsumen terhadap kecelakaaan transportasi udara dengan citra maskapai penerbangan. Persepsi konsumen terhadap kecelakaan transportasi udara tergolong sedang dan citra maskapai penerbangan juga tergolong sedang. Dengan hasil kategori persepsi konsumen terhadap kecelakaaan transportasi udara tergolong sedang dengan rerata empirik = 95,190 dan rerata hipotetik = 92,5. Hasil kategori citra maskapai penerbangan tergolong sedang dengan rerata empirik = 103,286 dan rerata hipotetik = 92,5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara persepsi konsumen terhadap kecelakaaan transportasi udara dengan citra maskapai penerbangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media cetak, kecelakaan, tranportasi, maskapai penerbangan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Sep 2008 03:34
Last Modified: 24 Feb 2011 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item