DUDIN , IRSYAD (2009) PENGARUH TILAWAH AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII MTS NEGERI CAWAS, KLATEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AL-QUR’AN DAN HADITS TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000060056.pdf Download (167kB) |
|
PDF
G000060056.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
Abstract
Al-Qur’an adalah kitab suci yang dijadikan pedoman bagi umat Islam. Membaca al-Qur’an termasuk ibadah, terlebih lagi mengamalkan isi kandungan di dalamnya. Maka sangatlah penting menanamkan cinta kepada al-Qur’an melalui kegiatan tilawah/ membaca al-Qur’an terhadap anak-anak sejak dini, terlebih kepada anak didik di lembaga-lembaga pendidikan Islam khususnya dan lembaga-lembaga pendidikan pada umumnya. MTs Negeri Cawas, Klaten merupakan satu diantara lembaga pendidikan Islam yang menanamkan pentingnya al-Qur’an melalui kegiatan tilawah al-Qur’an, di samping pengajaran melalui bidang studi al-Qur’an dan hadits yang merupakan bidang studi yang masuk di dalam Pendidikan Agama Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang nyata antara tilawah al-Qur’an terhadap prestasi siswa kelas VIII bidang studi al-Qur’an dan hadits di MTs Negeri Cawas, Klaten? Sejauh mana pengaruh tilawah al-Qur’an siswa kelas VIII terhadap prestasi belajar pada bidang studi al-Qur’an dan hadits? Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tilawah al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada bidang studi al-Qur’an dan hadits. Adapun manfaat penelitiaan ini dapat menjadi bahan pemikiran dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, terutama bidang studi al-Qur’an dan hadits. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh antara tilawah al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa bidang studi al-Qur’an dan hadits. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai letak geografis, keadaan guru, daftar siswa dan sarana dan prasarana di MTs Negeri Cawas, Klaten. Interview digunakan untuk mengetahui lebih dalam tentang pengaruh tilawah al-Qur’an dan memperoleh data tentang faktor-faktor penunjang prestasi belajar bidang studi al-Qur’an dan Hadits. Dokumentasi digunakan untuk mencari data tertulis tentang sejarah berdirinya, visi dan misi, tujuan, struktur organisasi dan susunan pengurus MTs Negeri Cawas, Klaten, kurikulum, nilai tilawah al-Qur’an dan rapor hasil prestasi belajar siswa pada bidang studi al-Qur’an dan Hadits. Sedangkan angket digunakan untuk untuk mengetahui sejauh mana kegiatan tilawah al-Qur’an berpengaruh terhadap prestasi belajar bidang studi al-Qur’an dan Hadits. Teknik analisis datanya dengan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rxy = 0,649 dan r tabel product moment dengan N = 42 pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,393 dan pada taraf 5% sebesar 0,304, sehingga r hitung > r tabel yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara tilawah al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi al-Qur’an dan hadits. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang cukup signifikan antara tilawah al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada bidang studi al-Qur’an dan hadits. Adapun korelasi tersebut adalah korelasi positif yang menyakinkan. Adapun pengaruh tilawah al-Qur'an terhadap bidang studi al-Qur'an dan hadits antara lain dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran, menumbuhkan minat baca siswa pada bidang studi al-Qur'an dan hadits, meningkatkan dayai ngat dan hafalan siswa serta meningkatkan kecerdasan siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tilawah al qur'an, prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 15 Jul 2009 07:58 |
Last Modified: | 03 Jan 2012 10:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3554 |
Actions (login required)
View Item |