Jundan, Jundan (2009) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN SIRAH NABAWIYAH (Studi Eksperimen di Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Program Takhassus Ma’had Isy Karima Gerdu Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000060015.pdf Download (112kB) |
|
PDF
G000060015.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sirah Nabawiyah adalah materi pelajaran yang penting bagi siswa. Materi ini mengandung suri tauladan yang perlu untuk dicontoh dalam sikap dan prilaku. Namun, pada umumnya siswa merasa bosan dalam menerima pelajaran. Salah satu alasan adalah penyampaian materi yang tidak menggunakan media yang tepat dan menarik. Maka untuk meningkatkan mutu pendidikan perlu menggunakan media. Penggunaan multimedia pendidikan sangat membantu dalam memahamkan siswa. Di samping itu, multimedia dapat menarik perhatian siswa dan menghilangkan prilaku buruk siswa seperti bosan dan mengantuk. Pengaruh multimedia terhadap mutu pendidikan siswa sangat besar. Untuk mengetahui secara pasti keefektifan penggunaan multimedia, perlu dibuktikan secara empiris. Maka penelitian ini membatasi permasalahan tentang bagaimana efektifitas penggunaan multimedia bila diterapkan dalam pembelajaran Sirah Nabawiyah di Madrasah Aliyah Program Takhassus Ma’had Isy Karima Gerdu, Karangpandan, Karanganyar tahun pelajaran 2007/2008 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penggunaan multimedia dalam pembelajaran Sirah Nabawiyah di Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Program Takhassus Ma’had Isy Karima Gerdu Karangpandan Karanganyar Jawa Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode eksperimen, observasi, interview dan dokumentasi. Metode eksperimen yang dilakukan adalah dengan membandingkan dua kelompok yang diajar materi pelajaran Sirah Nabawiyah, kelompok yang pertama diajar dengan menggunakan perangkat multimedia sedangkan kelompok yang kedua diajar dengan tidak menggunakan multimedia. Data dianalisis dengan analisis statistik uji t dua pihak dengan menggunakan bantuan program SPSS 10.00. Adapun langkah melakukan uji T-test adalah menggunakan independent sample T-test dengan asumsi data berdistribusi normal kemudian menyimpulkan hasil analisis. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 4,291, dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000. Nilai signifikansi (p) 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan metode pembelajaran Sirah Nabawiyah menggunakan multimedia dengan metode pembelajaran Sirah Nabawiyah tanpa menggunakan multimedia. Oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan multimedia lebih efektif dibandingkan dengan tanpa multimedia, dengan demikian, Ha yang mengatakan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran Sirah Nabawiyah lebih efektif dari pada pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia dinyatakan diterima dan Ho yang mengatakan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran Sirah Nabawiyah tidak lebih efektif dari pada pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia dinyatakan ditolak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia, ajaran agama |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 15 Jul 2009 07:09 |
Last Modified: | 03 Jan 2012 10:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3548 |
Actions (login required)
View Item |