Dwi Cahyo, Kresnanto and , Prof. Dr. Harsono, SU (2015) Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Ditinjau dari Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Kelas XI SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (297kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (812kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (193kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh perhatian orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI SMK Prawira Marta Kartasura tahun ajaran 2014/2015, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI SMK Prawira Marta Kartasura tahun ajaran 2014/2015, 3) pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI SMK Prawira Marta Kartasura tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Prawira Marta Kartasura tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 119 siswa dengan sampel sebanyak 89 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 14,155 + 0,261X1 + 0,365X2, artinya minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi dipengaruhi oleh perhatian orang tua dan motivasi belajar. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) perhatian orang tua berpengaruh terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel perhatian orang tua sebesar 2,471 sehingga thitung > ttabel atau 2,471 > 1.987 (α = 0,05) dengan sumbangan efektif 6,65% dan dengan sumbangan relatif 36,2%. (2) motivasi belajar berpengaruh terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 2,210 sehingga thitung > ttabel atau 3,380 > 1.987 (α = 0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 11,75% dan dengan sumbangan relatif 63,8%. (3) perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI XI SMK Prawira Marta Kartasura tahun ajaran 2014/2015. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 9,714 lebih besar dari Ftabel (3,15) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,184, berarti 18,4% minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi dipengaruhi oleh perhatian orang tua dan motivasi belajar, sisanya sebesar 81,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Kresnanto Dwi Cahyo |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 08:17 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 07:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35471 |
Actions (login required)
View Item |