OKTARINA , YENI (2009) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL“LASKAR PELANGI” KARYA ANDREA HIRATA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000050110.pdf Download (107kB) |
|
PDF
G000050110.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Islam mengatur segala aspek kehidupan manusia dari hal yang terkecil sampai hal yang besar, dari bangun tidur hingga tidur kembali. Keseluruhan ajaran islam, nilai pendidikan menempati kedudukan yang istimewa dan sangat penting. Proses untuk menyampaikan nilai-nilai pendidikan ada banyak cara. Ada dengan cara tabligh, tahapan ini adalah penyampaian secara terbuka nilai-nilai pendidikan Islam secara pintas, menarik dan populer. Ada juga dengan ta’lim, tahapan ini bersifat selektif, tetap dan terbatas. Andrea Hirata menggunakan media penyampaian pesan-pesan yang ada di dalam Islam dengan tabligh, salah satunya dengan lewat karya sastra berupa novel Laskar Pelangi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam apa yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Adapun yang diharapkan adalah dapat memberi kontribusi tentang penentuan sikap-sikap yang seharusnya dimiliki manusia dan memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam pendidikan Islam; dapat mengajarkan bahwa dari sebuah novel terdapat banyak pelajaran yang bisa didapat sehingga bukan tidak mungkin bisa menarik minat baca masyarakat terhadap novel dan karya sastra yang lain. Penelitian ini merupakan penilitian kepustakaan (Library research) dan”telaah dokumen” data yang digunakan terdiri dari primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah content analyze (analisis kajian / kajian isi) dengan deskripsi kualitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: Adapun nilai kejujuran yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi mencakup tiga hal yaitu: pembentukan perilaku dengan hati nurani yang lurus, membantu pengembangan kepribadian menjadi lebih baik secara istiqomah, dan juga sebagai penanaman pondasi awal akhlak yang baik. Sementara itu juga terdapat nilai keteladanan seperti halnya: pemberian contoh perilaku yang baik, serta pembentukan lingkungan sekolah maupun masyarakat untuk memberikan contoh yang baik supaya terjadi dampak yang positif. Nilai kejujuran dan keteladanan mencakup tiga hal yaitu: kepribadian, perilaku, dan lingkungan. Pada nilai kesabaran mengandung ketidakputusasaan, menjauhkan hawa nafsu yang merugikan, dan lebih bersyukur terhadap apa yang telah diberikan Allah kepada hamba-hambanya. Lebih lanjut nilai keikhlasan banyak memberikan dukungan dan pembentukan aspek emosional berupa; motivasi dalam kehidupan, rasa saling peduli dengan sesama yang lain, berbuat sesuatu tanpa pamrih dan tidak meminta balasan apapun. Selain itu, nilai keikhlasan, juga mengandung nilai kedisiplinan; sifat yang teguh dalam memegang prinsip, tekun dalam usaha apapun, pantang mundur, dan rela berkorban untuk agama maupun negara dan masyrakat, bisa mengatur jadwal segala sesuatu yang akan dikerjakan, serta menghargai dan menghormati segala sesuatu yang ada di lingkungannya. nilai kesederhanaan; kesederhanaan dalam perilaku, rendah hati, dan tulus dalam mendidik dengan penuh cinta kasih. nilai kepemimpinan, yang meliputi: sifat seorang pemimpin yang berhubungan dengan proses menggerakkan, memberikan tuntutan, binaan dan bimbingan, menunjukkan jalan, memberi keteladanan, berani mengambil resiko, mempengaruhi dan meyakinkan pihak lain, serta pemimpin yang penuh dengan dedikasi tinggi. nilai persahabatan, yang meliputi: saling simpati, empati, terbuka, pengertian, tolong menolong, percaya dan kerjasama dalam hal kebaikan, sehingga terbentuklah tali silaturrahmi yang baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pendidikan, Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 15 Jul 2009 06:34 |
Last Modified: | 03 Jan 2012 10:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3546 |
Actions (login required)
View Item |