Nugroho, Fikri and , Dra.Sri Sutarni, M.Pd (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PTK pada Siswa Kelas XI IPA 4 MAN Rembang Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (137kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (161kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan upaya meningkatkan kemampuan koneksi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 4 MAN Rembang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas.Siswa kelas XI IPA 4sebagai penerima tindakan dan guru matematika sebagai pemberi tindakan.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang menunjukan adanya peningkatan kemampuan koneksidapat dilihat dari: 1) Kemampuan siswa menyampaikan materi dengan baik kepada teman satu kelompok dalam diskusi (27,59%) meningkat menjadi (75,86%), 2) Kemampuan siswa berbagi cara dalam penyelesaian soal dengan teman baik didalam ataupun diluar kelompok (27,59%) meningkat menjadi (72,41%) , 3) Kemampuan siswa berani maju ke depan kelas untuk menyampaikan serta menjelaskan pendapat ataupun mengerjakan soal tanpa harus ditunjuk oleh guru (27,59%) meningkat menjadi (72,41%). Adanya peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari siswa mampu memperoleh nilai lebih dari sama dengan KKM (27,59%) meningkat menjadi (79,31%).Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan koneksi dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, koneksi, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FIKRI NUGROHO |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 08:21 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 14:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35431 |
Actions (login required)
View Item |