Khasanah, Siti Hayatun and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M. Si (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Listening Teams Guna Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mata Pelajaran Pkn Kelas III SDIT Iqro’ Nogosari Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (77kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (947kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Listening Teams dalam mata pelajaran PKn siswa kelas III di SDIT IQRO’ Nogosari Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDIT IQRO’ yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display data) dan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas III melalui penerapan strategi Listening Teams. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian keaktifan siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu: dari 21 siswa yang memiliki prosentase keaktifan tinggi pada pra siklus prosentasenya adalah 9,52%. Adapun, pada siklus I pertemuan 1 siswa yang memiliki keaktifan tinggi prosentasenya meningkat menjadi 14,29% dan pada pertemuan 2 siswa yang memiliki keaktifan tinggi prosentasenya menjadi 23,81%. Selanjutnya, pada siklus II siswa yang memiliki keaktifan tinggi persentasenya juga mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 52,38% pada pertemuan 1 dan prosentasenya mengalami kenaikan menjadi 80,95% dalam pertemuan 2 diakhir siklus II. Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi Listening Teams dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran PKn.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, Listening Teams |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 03:44 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 16:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35429 |
Actions (login required)
View Item |