Penggunaan Panel Surya (Solar Cell) Sebagai Pembangkit Listrik Alternatif Untuk Pompa Akuarium Dan Pemberi Makan Otomatis

RAJAWALI PRIMA, GIA (2015) Penggunaan Panel Surya (Solar Cell) Sebagai Pembangkit Listrik Alternatif Untuk Pompa Akuarium Dan Pemberi Makan Otomatis. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI baru.pdf

Download (498kB)
[img] PDF (COVER DEPAN)
HALAMAN DEPAN scan.pdf

Download (804kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV EDIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V EDIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (418kB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN scan.pdf

Download (160kB)

Abstract

Pemanfaatan tenaga surya ini harus dimulai sejak sekarang ini, karena dengan semakin berkembangnya teknologi dalam waktu yang singkat sudah maju pesat, bukan tidak mungkin di masa datang sel surya ini akan sangat dibutuhkan sebagai alternatif pembangkit listrik. Banyak teknologi yang telah dikembangkan oleh manusia menuai banyak manfaat yang bisa dipergunakan untuk membantu atau mempermudah pekerjaan manusia. Salah satunya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pompa air pada akuarium adalah alat yang sangat vital dalam fungsinya untuk selalu menyala 24 jam dalam sehari untuk sumber kehidupan dari biota dalam akuarium tersebut. Penelitian ini menggunakan empat bagian utama, bagian pertama yaitu solar panel 100 wp untuk sumber utama dari energi matahari menjadi tegangan awal DC, bagian kedua yaitu control charger sebagai switcher pada baterai atau penyimpanan daya dan ke beban yang dihasilkan dari solar panel tersebut, bagian ketiga yaitu inverter salah satu pengubah tegangan dc 12 volt dari battery ke AC 220 volt berkapasitas 2000 watt, serta bagian ke keempat yaitu beban (pompa air akuarium, pompa oksigen (aerator) dan pemberi makan otomatis). Penelitian yang dilakukan adalah memanfaatkan panel surya sebagai pembangkit listrik alternatif yang digunakan untuk menjalankan pompa air dan beban lainnya. Pengamatan yang dilakukan adalah pengambilan data terkait variasi intensitas cahaya dan ketahanan baterai (accu) untuk dapat menyuplai beban dalam waktu 24 jam setiap hari. Kapasitas Accu 70A dan 12V mampu menggantikan panel sebagai sumber listrik selama 19 jam hingga 20 jam pemakaian untuk 1 set akuarium dengan total daya sebesar 8,4 watt. Ditinjau dari segi teknis, beban dengan daya yang tidak besar ini dan ukuran panel 100 wp, accu 70 ampere 12 volt bisa untuk 2-3 set akuarium lengkap dengan beban seperti penelitian diatas. Kata kunci : Sumber energi, Pompa Air Akuarium, Panel Surya, Solar Cell, Energi Alternatif.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Sumber energi, Pompa Air Akuarium, Panel Surya, Solar Cell, Energi Alternatif.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Gia Rajawali Prima
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:35
Last Modified: 18 Aug 2015 04:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35412

Actions (login required)

View Item View Item