Penerapan Strategi Index Card Match Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Pada Siswa Kelas IV MIM Gading 2 Klaten Utara Klaten Tahun Ajaran 2014/2015

Rochaida, Eva and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Penerapan Strategi Index Card Match Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Pada Siswa Kelas IV MIM Gading 2 Klaten Utara Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis aksara Jawa siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV MIM Gading 2 Klaten Utara Klaten sebagai subjek yang memberikan tindakan, kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan keterampilan menulis aksara Jawa. Hal ini dapat dilihat dari: (1) motivasi siswa, adapun peningkatan persentase kemampuan siswa yang ada yaitu: a) mengajukan pertanyaan tentang aksara Jawa meningkat dari 44,44% menjadi 81,48%, b) mengerjakan soal aksara Jawa di depan kelas meningkat dari 48,15% menjadi 85,18%, c) memberi tanggapan atas jawaban teman meningkat dari 44,44% menjadi 85,18%, d) mengerjakan latihan soal dan tugas sama yaitu 100%. (2) keterampilan menulis aksara Jawa, adapun peningkatan persentase kemampuan siswa yang ada yaitu a) ketepatan bentuk tulisan meningkat dari 44,44% menjadi 92%, b) keutuhan tulisan meningkat dari 48,14% menjadi 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan strategi Index Card Match dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis aksara Jawa siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, keterampilan menulis, Index Card Match.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Jul 2015 03:02
Last Modified: 12 Oct 2021 16:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35407

Actions (login required)

View Item View Item