Rochaida, Eva and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Penerapan Strategi Index Card Match Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Pada Siswa Kelas IV MIM Gading 2 Klaten Utara Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (331kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis aksara Jawa siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV MIM Gading 2 Klaten Utara Klaten sebagai subjek yang memberikan tindakan, kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan keterampilan menulis aksara Jawa. Hal ini dapat dilihat dari: (1) motivasi siswa, adapun peningkatan persentase kemampuan siswa yang ada yaitu: a) mengajukan pertanyaan tentang aksara Jawa meningkat dari 44,44% menjadi 81,48%, b) mengerjakan soal aksara Jawa di depan kelas meningkat dari 48,15% menjadi 85,18%, c) memberi tanggapan atas jawaban teman meningkat dari 44,44% menjadi 85,18%, d) mengerjakan latihan soal dan tugas sama yaitu 100%. (2) keterampilan menulis aksara Jawa, adapun peningkatan persentase kemampuan siswa yang ada yaitu a) ketepatan bentuk tulisan meningkat dari 44,44% menjadi 92%, b) keutuhan tulisan meningkat dari 48,14% menjadi 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan strategi Index Card Match dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis aksara Jawa siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, keterampilan menulis, Index Card Match. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 03:02 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 16:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35407 |
Actions (login required)
View Item |