Ratna, Nur Fitria Nirmala and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2015) Persepsi Guru Kelas II (Dua) Terhadap Pelaksanaan Proses Penilaian Dalam Kurikulum 2013 Di SD AL Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (HALAMAN DEPAN)
03. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf Download (174kB) |
|
PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.%20Naskah%20Publikasi.pdf Download (837kB) |
Abstract
PERSEPSI GURU KELAS II (DUA) TERHADAP PELAKSANAAN PROSES PENILAIAN DALAM KURIKULUM 2013 DI SD AL FIRDAUS SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh : Nur Fitria Nirmala Ratna, A510110057, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru kelas II (dua) dalam melaksanakan proses penilaian dalam kurikulum 2013 di SD AL Firdaus Surakarta.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan guru kelas II (dua). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data interaktif. Teknik analisis interaktif dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas IIa, IIb, dan IIc sebelum mengajar selalu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajararan yang selalu di lengkapi rubrik penilaian sikap, pengetahuan, dan sosial. Guru kelas II (dua) sudah melaksanakan proses penilaian dalam kurikulum 2013. Penilaian kompetensi sikap yang terbagi menjadi 2, yaitu sikap spiritual dan sosial. Penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, dan jurnal catatan guru. Proses penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik penilaian tes tertulis, lisan atau tanya jawab, dan penugasan. Proses penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik penilaian kinerja. Raport berupa nilai deskripsi. Dalam membuat raport, guru-guru tersebut menggunakan aplikasi sendiri yang diperoleh dari Kepala Sekolah SD Alfirdaus. Terdapat persamaan pendapat dari guru kelas II (dua) bahwa penilaian kurikulum 2013 itu bagus, penilaiaanya lengkap. Menilai dari aspek sikap yaitu spiritual dan sosial, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Namun masih memiliki beberapa kendala seperti langkah – langkah membuat raport masih rumit. Aplikasi yang digunakan masih belum sederhana. Seharusnya di buat per sub tema bukan per pembelajaran karena terkadang waktu untuk melakukan penilaiannya tidak cukup. Kata kunci: persepsi, proses penilaian, kurikulum 2013
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, proses penilaian, kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nur Fitria Nirmala Ratna |
Date Deposited: | 28 Jul 2015 04:09 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 16:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35213 |
Actions (login required)
View Item |