Novitasari, Eka and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Pada Mata Pelajaran IPS dengan Materi Keunggulan Iklim di Indonesia Kelas VIII di SMP Al islam Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI FULLTEKS.pdf Download (197kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (215kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (5MB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2015. Download (57kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2015. Download (33kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2015. Download (8MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2015. Download (16kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only until 28 July 2015. Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Artikel Publikasi Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2015. Download (80kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi keunggulan iklim di Indonesia Kelas VIII di SMP Al Islam Kartasura sebelum dan sesudah penerapan Strategi Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Metode penelitian adalah eksperimen. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Al Islam Kartasura yang berjumlah 127 siswa. Kelas eksperimen pembelajaran dilakukan dengan menerapkan strategi STAD. Sedangkan kelas kontrol pembelajaran dilakukan menggunakan metode konvensional atau ceramah. Data penelitian menunjukkan pemahaman siswa sebelum penerapan strategi pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dilihat pada hasil belajar, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata Pre Test 57,52 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata Pre Test 57,12. Dilihat hasil nilai rata-rata Pre Test kelas eksperimen dan kontrol siswa kebanyakan memperoleh nilai dibawah 57 maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa pada materi keunggulan iklim masih rendah. Dan tingkat pemahaman siswa sesudah penerapan strategi pembelajaran STAD dilihat dari hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan sebanyak 21,30% dan kelas kontrol nilai rata-rata Post Test memperoleh peningkatan sebanyak 16,33%. Penerapan strategi STAD lebih dapat meningkatkan pemahaman siswa dari pada penerapan metode konvensional atau ceramah. Sebagaimana hasil uji Post Test yang menunjukkan beda nyata, yaitu 0,00 atau lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Student Team Achievement Division (STAD), tingkat pemahaman. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Eka Novitasari |
Date Deposited: | 28 Jul 2015 02:11 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 05:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35182 |
Actions (login required)
View Item |