Pengembangan Bahan Ajar Materi Ips Terpadu Kelas Vii Smp Sub Tema Keadaan Alam Di Indonesia

ARYANI, ULYA AJENG and , Drs. Muhammad Musiyam, MTP (2015) Pengembangan Bahan Ajar Materi Ips Terpadu Kelas Vii Smp Sub Tema Keadaan Alam Di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
artikel publikasi.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

Kenyataan di lapangan buku teks yang beredar baik itu pegangan wajib untuk guru dan siswa masih ditemukan adanya permasalahan. Permasalahan yang mendasar yaitu tentang aspek kebenaran bahasa, fakta/data, konsep, generalisasi, penyajian gambar, serta kejelasan materi. Oleh karena itu perlu dikembangkan bahan ajar yang mengarah dalam perbaikan dari tiap aspek tersebut. Bahan ajar yang dikembangkan berupa produk bahan ajar dari materi keadaan alam Indonesia. Produk bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini berdasarkan kaidah keilmuan geografi dan kurikulum 2013 melalui modifikasi model Dick And Carey dengan tahap 1) Identifikasi Tujuan, 2) Melakukan Analisis Instruksional, 3) Mengidentifikasi Karakteristik Siswa, 4) Merumuskan Tujuan Kinerja, 5) Pengembangan Tes Patokan, 6) Pengembangan Strategi, 7) Pengembangan Memilih Pembelajaran, 8) Merancang dan Melaksanakan Evaluasi Formatif, 9) Merancang dan Melaksanakan Evaluasi Sumatif, 10) Revisi pengajaran. Hasil pengembangan dalam bentuk respon siswa dan guru tergolong dalam kriteria baik serta telah teruji validitas dosen tim ahli bahan ajar dan materi. Efektivitas pengembangan bahan ajar ini diperoleh dari data kelas eksperimen dan dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil perhitungan Uji Paired Sample T Test memberikan nilai pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata untuk pre-test adalah 69,68 dan nilai rata-rata untuk post-test adalah 77,39. Nilai probabilitas (sig. 2-tailed) 0,003 < 0,05, berarti nilai rata-rata untuk pre-test dan post-test adalah ada terdapat perbedaan. Sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata untuk pre- test adalah 68,69 dan nilai rata-rata untuk post-test adalah 76,21. Nilai probabilitas (sig. 2-tailed) 0,023 < 0,05, berarti nilai rata-rata untuk pre-test dan post-test adalah ada terdapat perbedaan. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan untuk prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberi bahan ajar “Mengenal Keadaan Alam Indonesia” pada kelas eksperimen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Prestasi Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Ulya Ajeng Aryani
Date Deposited: 27 Jul 2015 05:57
Last Modified: 10 Oct 2021 12:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35088

Actions (login required)

View Item View Item