Peningkatan Kreativitas Belajar Melalui Penerapan Strategi Think Pair Share Tema Pahlawanku Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kleco 01 Surakarta Tahun Pelajaran 2014 / 2015

Azmi, Afilita and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Peningkatan Kreativitas Belajar Melalui Penerapan Strategi Think Pair Share Tema Pahlawanku Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kleco 01 Surakarta Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (614kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (516kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar siswa pada tema Pahlawanku dengan menggunakan strategi Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri Kleco 01 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek pemberi tindakan adalah guru (peneliti) dan subyek penerima tindakan adalah pada siswa kelas IV SD Negeri Kleco 01 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar pada tema Pahlawanku pada siswa kelas IV SD Negeri Kleco 01 Surakarta. Adapun peningkatan indikator kreativitas belajar siswa pada pra siklus 58,2 %. Pada siklus I meningkat menjadi 65,86 %. Pada siklus II sebesar 81,72 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada tema Pahlawanku.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Belajar, Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jul 2015 03:15
Last Modified: 12 Oct 2021 15:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34979

Actions (login required)

View Item View Item