Surya Pratama, Friska and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2015) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Problem Posing Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (683kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematika bagi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Surakarta dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan Problem Posing. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian, guru sebagai pemberi tindakan dan siswa kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa sebagai penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematika siswa. Adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dapat dilihat dari 1) siswa mampu memberikan penjelasan sederhana dari kondisi awal 31,25% meningkat menjadi 68,75%, 2) siswa mampu membuat kesimpulan dari kondisi awal 43,75% meningkat menjadi 78,12%, sedangkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat dilihat dari 1) siswa mampu memahami masalah dari kondisi awal 46,87% meningkat menjadi 87,5%, 2) siswa mampu merencanakan penyelesaian dari kondisi awal 37,5% meningkat menjadi 81,25%, 3) siswa mampu melaksanakan rencana dari kondisi awal 46,87% meningkat menjadi 71,87%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Problem Posing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis, Pemecahan masalah matematika, Problem Posing |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Friska Surya Pratama |
Date Deposited: | 24 Jul 2015 02:34 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 14:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34958 |
Actions (login required)
View Item |