Rahmawati, Arista Septi (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2014/2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
PDF
Naskah Publikasi Ilmiah.pdf Download (399kB) |
|
PDF
Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF
Bab I.pdf Download (33kB) |
|
PDF
Bab II.pdf Download (69kB) |
|
PDF
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
|
PDF
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) | Request a copy |
|
PDF
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) | Request a copy |
|
PDF
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) | Request a copy |
|
PDF
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (24MB) | Request a copy |
|
PDF
Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Download (510kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran matematika dan kendala yang dihadapi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Serta instrumen proses pembelajaran dan instrumen penyusunan penilaian yang diisi oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran matematika sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket proses pembelajaran yang diisi oleh guru dan siswa mendapat persentase 84, 38% dan 75, 59%. Sedangkan instrumen proses pembelajaran yang diisi oleh peneliti pun mendapat persentase 82, 42%. Untuk pelaksanaan penilaian Kurikulum 2013 dalam pembelajaran matematika pada kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sudah berjalan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil instrumen penyusunan penilaian yang diisi oleh peneliti dengan melihat RPP dan daftar nilai yang dibuat oleh 4 guru matematika kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mendapat skor 168 dari 192 atau sebesar 87, 50%. Kendala utama yang dialami dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah guru belum sepenuhnya paham tentang Kurikulum 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementation, 2013 curriculum, mathematics learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Arista Septi Rahmawati |
Date Deposited: | 13 Jul 2015 06:46 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 14:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34865 |
Actions (login required)
View Item |