Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Pada IPS Terpadu Dengan Materi Potensi Dan Persebaran Sumber Daya Laut Di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu

SANDI, SANDI and , Drs. Suharso, M.S (2015) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Pada IPS Terpadu Dengan Materi Potensi Dan Persebaran Sumber Daya Laut Di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (589kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (973kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (755kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada IPS terpadu dengan materi potensi dan persebaran sumber daya laut di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu. Metodepenelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen murni (true experimental) yang variabel bebasnya adalah model pembelajaran cooperative learning, dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif (quantitative research). Dalam menetapkan sampel, peneliti menggunakan Cluster Random Sampling (Pengambilan sampel secara acak berkelompok). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data primer dan data skunder, data primer yang diperoleh yaitu hasil tes/hasil pembelajaran siswa dan data skunder yang diperoleh yaitu nilai ujian akhir sekolah semester 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD efektif untuk digunakan pada IPS terpadu dengan materi potensi dan persebaran sumber daya laut di kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu, ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang rata-rata nilai pretesnya adalah 63,66 dan rata-rata nilai postes adalah 88.03. Selisih antara rata-rata nilai pretes dan postes pada kelas eksperimen yaitu 24,37. Pada kelas kontrol rata-rata nilai pretes adalah 64,91 dan rata-rata nilai postes adalah 84,12. selisih antara rata-rata nilai pretes dan postes pada kelas kontrol yaitu 19,21. Peningkatan antara rata-rata nilai pretes dan postes pada kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu 24,34 sedangkan pada kelas kontrol hanya 19,21 sehingga dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Leraning tipe STAD.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: SANDI
Date Deposited: 11 Jul 2015 02:01
Last Modified: 11 Oct 2021 05:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34714

Actions (login required)

View Item View Item