Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran IPS Materi Pranata Sosial Dalam Masyarakat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015

Azka, Milatu (2015) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran IPS Materi Pranata Sosial Dalam Masyarakat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.pdf

Download (618kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB I)
SKRIPSI I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB II)
SKRIPSI II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (BAB III)
SKRIPSI III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (BAB IV)
SKRIPSI IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB V)
SKRIPSI V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)

Abstract

Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Teras Boyolali pada siswa kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi pranata sosial dalam masyarakat yang menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe STAD dan mengetahui tingkat keefektivan antara model pembelajaran kooperatif (cooperative learning)tipe STAD dan model konvensional dengan materi pranata sosial dalam masyarakat. Metode penelitian ini adalah eksperimen siswa kelas VIIIA sampai VIIIG SMP Negeri 1 Teras Boyolali dengan jumlah siswa sebanyak 224 siswa. Ketujuh kelas tersebut terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen berjumlah 5 kelas dan proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe STAD. Sedangkan pada kelas kontrol berjumlah 2 kelas dan dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Hasil dari penelitian ini penyimpulkan bahwa (1) Hasil pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi pranata sosial dalam masyarakat yang menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe STAD mengalami peningkatan dengan hasil nilai rata-rata pre test sebesar 75,78 dan nilai rata-rata post test sebesar 93,62. (2) Nilai presentase kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe STAD mengalami peningkatan hasil nilai rata-rata sebesar 17,84 sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional mengalami peningkatan hasil nilai rata-rata sebesar 10,81 sehingga model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe STAD lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah). Berdasarkan uji wilcoxon dan uji mann-whitney terdapat nilai signifikan 0,000 sehingga ada pengaruh, dan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) Tipe STAD, peningkatan hasil pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Milatu Azka
Date Deposited: 10 Jul 2015 03:16
Last Modified: 11 Oct 2021 03:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34632

Actions (login required)

View Item View Item