Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tarikh Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

Apriyani Nurohmah, Yesi and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag (2015) Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tarikh Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (631kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (BAB VI)
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar pelajaran Tarikh sering terjadi permasalahan yang disebabkan oleh tidak efektif dan efisiennya pembelajaran, dikarenakan oleh adanya kurang minat, kurang gairah, cenderung kurang semangat, dan kurang memperhatikan guru dalam mengikuti proses belajar mengajar tarikh di kelas. Guru sebagai komponen yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, Oleh sebab itu, guru diminta untuk proaktif dalam penyampaian materi pembelajaran salah satunya dengan cara penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa lebih tertarik dengan pembelajaran Tarikh. Selain itu media pembelajaran memudahkan siswa menerima dan mengingat materi yang telah disampaikan dengan demikian siswa lebih termotivasi untuk belajar Tarikh. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan tentang jenis-jenis media pembelajaran apa saja yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar Tarikh kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. dan Bagaimana peranan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Tarikh kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru Tarikh dalam proses belajar mengajar Tarikh kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. dan untuk mendeskripsikan peranan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Tarikh kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Jenis penelitian ini tergolong penelitian lapangan (Field research).Metode pengumpulan data yang digunakan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian ini, digunakanpendekatan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari lima kegiatan yaitu mengumpulkan data dan menelaah seluruh data dari berbagai sumber(wawancara, observasi, dan dokumentasi), mereduksi data, kemudian difilter yang sesuai dengan teori dan rumusan masalah, data disajikan dalam bentuk narasi, penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah jenis-jenis media pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata tarikh kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yaitu media papan tulis dan media LCD. sedangakan Media pembelajaran di sini memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan memanfaatkan media pembelajaran di sini ketika proses pembelajaran tarikh : penyampaian pembelajaran lebih baku, Pengajaran bisa lebih menarik. Media dapat diasosiasikan sebagai penarik perhatian dan membuat siswa tetap terjaga dan memperhatikan pelajaran. kejelasan dan keruntutan materi, akan menjadi daya tarik image yang berubah-ubah, dengan penggunaan efek khusus dapat menimbulkan keingintahuan yang bisa merangsang siswa untuk berfikir, yang kesemuanya menunjukkan bahwa media mempunyai Aspek meningkatkan motivasi, menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih interatif, dengan begitu bisa meningkatkan kualitas belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peranan media pembelajaran, motivasi belajar, Tarikh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yesi Apriyani Nurohmah
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:27
Last Modified: 06 Oct 2021 13:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34572

Actions (login required)

View Item View Item