Studi Deskriptif Metode Menghafal Al-Qur'an dan Manajemen Kepribadian Santri di Rumah Tahfiz Bani Ali Mursyad Takeran Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015

Marno Lestari, Risma and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag and , Maria Ulfa, S.Pd.I (2015) Studi Deskriptif Metode Menghafal Al-Qur'an dan Manajemen Kepribadian Santri di Rumah Tahfiz Bani Ali Mursyad Takeran Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
publikasi pdf.pdf

Download (670kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
halaman depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
surat pernyataan pub.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)

Abstract

Metode menghafal Al-Qur’an sangatlah beragam, dimana setiap individu mempunyai kesesuaian yang berbeda antara satu dengan yang lain, guna mempermudah dalam proses menghafal Al-Qur’an. Selain sebagai penghafal Al-Qur’a, Anak-anak ini juga merupakan seorang santri dimana seorang santri adalah insan yang dipandang baik akhlaknya baik dari lisan maupun perbuatannya dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan pondok, rumah maupun masyarakat. Metode menghafal Al-Qur’an adalah cara mengajarkan bagaimana menghafal Al-Qur’an (mengucapkan secara berulang-ulang, memahami dan merasukkan kedalam fikiran arti yang terkandung didalamnya). Sedangkan manajemen kepribadian santri adalah pengelolaan dari tingkah laku maupun cara bicara yang didasarkan dari kepribadian yang harusnya dimiliki olehsantri dimana ia mempunyai pedoman Al-Qur’an dan sunnah yang menuntun mereka untuk bertindak baik dimanapun dan kapanpun mereka berada. Tujuan penelitian ini adalah yang pertama, mendiskripsikan metode menghafal Al-Qur’an yang digunakan di rumah Taḥfῑẓ Bani Ali Mursyad. Kedua, mendiskripsikan manajemen kepribadian santri dalam kehidupan sehari-hari Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), karena data yang diperlukan untuk menyusun karya ilmiyah ini diperoleh dari lapangan, yaitu di rumah Taḥfῑẓ Bani Ali Mursyad Magetan. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setalah data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis data. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu, setelah semua data yang diperlukan telah terkumpul , selanjutnya dianalisis kemudian diintepretasikan dengan kata-kata sedemikian rupa untuk menggambarkan objek-objek penelitian disaat penelitian dilakukan, sehingga diambil kesimpulan secara proporsional dan logis. Penelitian menyimpulkan bahwa, metode yang digunakan untuk menghafal Al-Qur’an di rumah Taḥfῑẓ Bani Ali Mursyad antara lain, metode talqin, talaqqi, murᾱja’ah, dan metode menghafal dengan membacana secara tartil (tajwid) dalam keadaan tenang dan bugar. Manajemen kepribadian para santri yang pertama, lisan menghormati orang yang lebih tua dengan berkata sopan, berkata jujur dan dapat dipercaya. Kedua, perbuatan dengan saling tolong menolong, tidak mencuri hak milik orang lain, tidak sombong dan tidak iri hati. Ketiga sikap dengan sabar ketika mendapat musibah yang menimpa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode menghafal Al-Qur’an dan manajemen kepribadian santri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Risma Marno Lestari
Date Deposited: 09 Jul 2015 06:49
Last Modified: 06 Oct 2021 13:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34564

Actions (login required)

View Item View Item