Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Muhammad Abduh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Periode 2014

Ayuningtyas, Mila and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag and , Maria Ulfa S.Pd.I (2015) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Muhammad Abduh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Periode 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (664kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx skripsi.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)

Abstract

Keberadaan nilai-nilai pendidikan Islam sangat penting dalam suatu pendidikan ataupun oganisasi Islam. Karena nilai merupakan tolak ukur keberhasilan dari keberlangsungan kegiatan dan program kerja yang telah di rancang. Begitu juga dalam organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang merupakan salah satu organisasi otonom dari Muhammadiyah juga berupaya untuk menjaga eksistensinya, khususnya pada kualitas penanaman nilai-nilai pendidikan Islam yang merupakan tolak ukur keberhasilan pendidikan yang telah dilakukan. Dan juga IMM Muh. Abduh yang terletak dan berkembang di lingkungan FAI-UMS harus mempunyai nilai keIslaman yang lebih dalam upaya mencapai tujuan pendidikan Islam yaitu terwujudnya insan kamil. Oleh karena itu apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Muh. Abduh FAI-UMS seta metode penanamanya? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam organisasi Ikatan Mahasiswa Muhamammadiyah Kom. Muh. Abduh FAI-UMS periode 2014 serta menyebutkan metode penanamanya.Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai kemanfaatan bagi masyarakat dan khususnya kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah sehingga dapat dipertahankan apa yang menjadi nilai unggul dari pendidikan tersebut dan membenahi apa yang masih kurang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data dari seluruh anggota pimpinan aktif Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Muh. Abduh FAI-UMS periode 2014, serta dokumen-dokumen yang ada di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Muh. Abduh FAI-UMS. Untuk pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan diskriptif kualitatif dengan metode deduktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Muhammad Abduh FAI-UMS mencakup empat nilai pendidikan Islam yaitu nilai aqidah, nilai ibadah, nilai akhlak dan nilai muamalah. Yang mana nilai-nilai keIslaman tersebut terealisasi dalam kegiatan-kegiatan dan materi yang ada dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Muh. Abduh FAI-UMS. Kemudian dalam upaya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dengan menggunakan empat metode pendidikan yaitu metode diskusi, metode percakapan, metode keteladanan dan metode pembiasaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Islam dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mila Ayuningtyas
Date Deposited: 09 Jul 2015 06:18
Last Modified: 06 Oct 2021 13:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34554

Actions (login required)

View Item View Item