FATCHURROCHIM, MOCHAMAD ANAS and PURNOMO, EDDY (2009) POLA PELAYANAN ANGKUTAN UMUM TAKSI DI KOTA SURAKARTA ( Studi Kasus Taksi Kosti Solo Dan Gelora Taksi ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
D100020007.pdf Download (33kB) |
|
PDF
D100020007.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kota Surakarta merupakan salah satu kota yang sedang berkembang, maka semakin banyak orang yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana menuju ke tempat tujuan, maka banyak masyarakat yang lebih memilih taksi sebagai alat transportasi karena lebih cepat sampai ke tempat tujuan dari pada alat transportasi yang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui parameter-parameter dari pelayanan angkutan taksi, mengetahui pendapat masyarakat tentang kinerja pelayanan taksi dengan menggunakan kuisioner, dan membandingkan waktu keseluruhan antara hasil pengukuran dengan penilaian pelanggan. Data yang diperlukan untuk melakukan penelitian ini adalah data primer meliputi : waktu kedatangan panggilan, waktu selesai panggilan, waktu operator menghubungi armada, dan waktu konsumen mendapatkan taksi, data sekunder meliputi : jumlah operator dan armada yang tersedia, peta lokasi. Metode yang digunakan adalah dislipin antrian FVFS dengan tingkat kedatangan poisson dan waktu pelayanan eksponensial, pengujiannya dengan metode Chi Square for Goodness of Fit Test. Hasil penelitian didapat dari perusahaan Kosti, dengan sistem antrian I (3 operator), yaitu : jumlah pelanggan yang dilayani = 0,0903 orang / menit, jumlah pelanggan yang mengantri = 0,0000 orang / menit, waktu pelanggan dilayani = 0,1978 menit, waktu pelanggan mengantri = 0,0001 menit, dengan sistem antrian II (110 armada), yaitu : jumlah pelanggan yang dilayani = 1,8129 orang / menit, jumlah pelanggan yang mengantri = 0,0000 orang / menit, waktu pelanggan dilayani = 4,1242 menit, waktu pelanggan mengantri = 0,0000 menit. Perusahaan Gelora dengan sistem antrian I (2 operator), yaitu : jumlah pelanggan yang dilayani = 0,0229 orang / menit, jumlah pelanggan yang mengantri = 0,0000 orang / menit, waktu pelanggan dilayani = 2,2345 menit, waktu pelanggan mengantri = 0,0012 menit, dengan sistem antrian II (25 armada), yaitu : jumlah pelanggan yang dilayani = 0,0777 orang / menit, jumlah pelanggan yang mengantri = 0,0000 orang / menit, waktu pelanggan dilayani = 7,4333 menit, waktu pelanggan mengantri = 0,0000 menit. Hasil kuesioner perusahaan Kosti Solo dan Gelora Taksi, yaitu : Pelanggan cukup sering menggunakan jasa angkutan taksi, pelayanannya baik, lamanya waktu yang diperlukan mulai dari telepon sampai mendapatkan taksi adalah 5 hingga 10 menit, waktu bila menggunakan angkutan selain taksi Kosti adalah lebih dari 10 menit, sedang Gelora 30 menit. Hasil pengukuran lamanya waktu tersebut untuk perusahaan Kosti lebih sedikit yaitu 4,124 menit. Sedangkan Gelora Taksi adalah 7,433 menit.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Antrian, Parameter-Parameter Pelayanan, Tingkat Kedatangan Poisson, Chi Square |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 10 Jul 2009 07:45 |
Last Modified: | 26 Oct 2011 06:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3450 |
Actions (login required)
View Item |