Upaya Guru Agama Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Fiqih (Studi Kasus Di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015)

Faidi, Herman and , Drs. Barnbang Raharjo, M.Ag and , Maria Ulfa, S.Pd.I (2015) Upaya Guru Agama Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Fiqih (Studi Kasus Di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (611kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab VI)
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang wajib ada pada sekolah yang berbasis Islam atau Madrasah adalah mata Pelajaran Fiqih Ibadah. Mata pelajaran Fiqih sangat berhubungan erat dengan dunia nyata siswa misalnya, Thaharah, shalat, haji dll. Untuk itu guru harus kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran, menciptakan kondisi pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa tertarik dan mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru secara maksimal. Akan tetapi faktanya tidak demikian peneliti pernah melakukan praktek di SMK Muhammadiyah 1 dan dari situ peneliti menemukan kesulitan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Maka penulis tertarik untuk meneliti dan mengkaji lebih dalam dan menuangkannya dalam bentuk skripsi yang berjudul “Upaya Guru Agama dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas X pada Pelajaran Fiqih (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru agama dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kela X pada pelajaran fiqih di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Upaya Guru Agama dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas X pada Pelajaran Fiqih di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. Sedangkan manfaat dari penelitian ini sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan keilmuan tentang upaya yang dilakukan guru dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar dan dapat digunakan sebagai rujukan bagi pendidik dalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini merupakan penelitian kealitatif yang mengambil latar di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, interview dan dukumentasi. Sedangkan metod analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif kualitatif yaitu menganalisa dengan cara menggambarkan sesuatu. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan Guru Agama SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Adapun Upaya yang dilakukan Guru Agama SMK Muhammadiyah 1 Surakarta, 1.meningkatkan motivasi belajarsiswa, 2.Guru mencarikan literatur video audio visual,3.Memaksimalkan media pembelajaran. Upaya dalam memecahkan kesulitan-kesulitan belajar siswa kelas X pada pelajaran Fiqih sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, Kesulitan belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Herman Faidi
Date Deposited: 08 Jul 2015 07:18
Last Modified: 06 Oct 2021 13:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34450

Actions (login required)

View Item View Item