Handayani, Ari Setyo Nur and , Dr. Darsinah, M. Si (2015) Perkembangan Emosi Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua pada Anak Kelompok B Raudhatul Athfal di Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (894kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (23kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui perbedaaan perkembangan emosi ditinjau dari pola asuh orang tua, dan untuk mengetahui urutan perkembangan emosi yang paling baik ditinjau dari tipe pola asuh orang tua. Jenis penelitian ini yaitu penelitian diskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak RA kelompok B Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen berjumlah 6 RA dengan jumlah siswa 123 anak, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah anak Raudhatul Athfal Kelompok B sebanyak 3 RA di Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen yaitu RA Al Hidayah, RA Al Musani, RA Al Islam dengan jumlah siswa 65 anak. Teknik pengambilan sampel dengan teknik non random purposive sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui pola asuh dan untuk mengukur tingkat perkembangan emosi anak dengan sering tidaknya anak melakukan kegiatan sesuai indikator pada saat dirumah. Analisis data yang digunakan adalah Anova. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: Ada perbedaan perkembangan emosi ditinjau dari pola asuh orangtua pada anak kelompok B RA di Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Perbedaan di tunjukkan dari hasi F hitung sebesar 19,970 dengan taraf signifikansi p = 0,000 jadi p ˂ 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan mean perkembangan emosi, menunjukkan bahwa pola asuh demokratis menghasilkan perkembangan emosi lebih tinggi yaitu 64,14, pola asuh otoriter sebesar 46,76 dan pola asuh permisif 45,33. Dengan demikian urutan perkembangan emosi anak yang paling baik ditinjau dari pola asuh adalah pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh permisif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Emosi, Pola Asuh Orangtua |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Setyo Nur Handayani |
Date Deposited: | 08 Jul 2015 04:06 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 02:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34429 |
Actions (login required)
View Item |