SUSANTI, SUSI and , Drs. Suwarno, S.H, M.Pd., (2015) Pengaruh Pemberian Hadiah (Reward) Terhadap Keaktifan Siswa Menjawab Pertanyaan Dan Hasil Belajar Ipa Materi Gaya Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Ngrandah Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (936kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (302kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (664kB) |
Abstract
penggunaan metode pemberian hadiah (reward) terhadap keaktifan siswa menjawab pertanyaan dan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Ngrandah Kec. Toroh Kab.Grobogan Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design, jenis desain yang digunakan Nonequivalent Control Group Design.Unit penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 1 Ngrandah sebanyak 32 siswa dan seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 3 Ngrandah sebanyak 32 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Bentuk tes berupa pilihan ganda dan uraian, sedangkan bentuk non tes berupa observasi kegiatan pembelajaran dan angket keaktifan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis bedarerata (uji t) hasil belajar dari kelompok eksperimen dan kelompok control pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05).Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean dari hasil belajar kelompok eksperimen adalah 90,44 dan mean kelompok control adalah 83,49. Selisih mean kelompok eksperimen dan kelompok kontrol 6,952. Hasil perhitungan diperoleh signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan thitung sebesar 8,670 lebih besar dari pada ttabel yaitu 1,669. Karena sigifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan thitung>ttabel (8,670 > 1,669) maka hipotesis diterima, artinya terbukti ada pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 3 Ngrandah Toroh Grobogan Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa dalam pembelajaran agar guru dapat lebih memberikan motivasi untuk lebih mengembangkan keterampilan bekerjasama. Pemberian hadiah perlu untuk dikembangkan dan digunakan untuk pembelajaran pada pokok bahasan yang lain dan perlu adanya penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari hasil penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pemberian Hadiah (Reward), Keaktifan Siswa, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1508 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2015 08:24 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 11:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34408 |
Actions (login required)
View Item |