Peranan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weru Sukoharjo dalam Meningkatkan Pendidikan Islam Masyarakat Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014/2015

Sidik, Mujahid and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag. and , Dra. Chusniatun, M.Ag. (2015) Peranan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weru Sukoharjo dalam Meningkatkan Pendidikan Islam Masyarakat Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI.pdf

Download (570kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)

Abstract

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weru merupakan salah satu Cabang Muhammadiyah yang berada dibawah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sukoharjo. Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weru berada di lingkungan masyarakat yang sebagian besar menganut agama Islam, akan tetapi kebanyakan masyarakat tersebut masih kurang dalam memahami Islam. Untuk itu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weru melakukan usaha-usaha secara intensif dan terus-menerus guna meningkatkan pendidikan Islam masyarakat kecamatan Weru. Hal ini terbukti dengan banyaknya lembaga pendidikan yang telah diselenggarakan, baik dalam bentuk pendidikan formal ataupun nonformal. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weru Sukoharjo dalam meningkatkan pendidikan Islam masyarakat kecamatan Weru tahun 2014/2015 beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apa peran Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weru Sukoharjo dalam meningkatkan pendidikan Islam Masyarakat Kecamatan Weru dan apa faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun data penelitian diperoleh dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi yang kemudian data dianalisis dengan metode induktif. Sehingga data hasil penelitian diuraikan dalam bentuk teks yang bersifat naratif sehingga mudah untuk difahami. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weru memiliki peranan penting dalam meningkatkan pendidikan Islam masyarakat kecamatan Weru. Adapun peran Cabang Muhammadiyah Weru dalam meningkatkan pendidikan Islam adalah sebagai pembimbing (counselor), fasilitator, organisator, penggerak (activator), pengawas (controller) dan penilai (evaluator). Sedangkan faktor pendukungnya adalah sarana pendidikan yang memadai karena memiliki sumber dana yang cukup, pendidik yang kompeten, dan peserta didik yang senantiasa berpartisipasi dalam mengikuti berbagai kegiatan. Sedangkan faktor penghambatnya berasal dari sebagian pendidik dari sekolah Muhammadiyah yang tidak aktif dalam kegiatan dan lingkungan masyarakat yang sebagian beragama Kristen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Pimpinan, Cabang Muhammadiyah, Pendidikan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mujahid Sidik
Date Deposited: 07 Jul 2015 03:41
Last Modified: 12 Oct 2021 13:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34367

Actions (login required)

View Item View Item