PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (Persero) APJ DI SURAKARTA

ZAINI, M. (2009) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (Persero) APJ DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040472.pdf

Download (131kB)
[img] PDF
B100040472.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi kerja karyawan PT. PLN (Persero) APJ Surakarta, yang meliputi faktor-faktor : mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan dengan orang lain serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. PLN (Persero) APJ Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner kecerdasan emosional dengan skala Likert yang disusun berdasarkan kelima aspek kecerdasan emosional yang terdiri dari : mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan dengan orang lain (Goleman, 1996). Populasi dalam penelitian ini adalah PT. PLN (Persero) APJ Surakarta dengan sampel yang berjumlah 50 orang karyawan yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diuji validitas dengan menggunakan korelasi Product Moment dan diuji reliabilitas dengan rumus Cronbach’s Alpha. Data dianalisis menggunakan analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan variabel X1 (mengenali emosi diri) tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan, hasil uji memiliki nilai thitung < ttabel (1,181 < 1,960) dengan p > 0,05 maka H1 ditolak. Variabel X2 (mengelola emosi diri) berpengaruh signifikan terhadap karyawan, hasil uji memiliki nilai thitung > ttabel (2,265 > 1,960) dengan p < 0,05 maka H2 diterima. Variabel X3 (memotivasi diri) berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan, hasil uji memiliki nilai thitung > ttabel (2,315 > 1,960) dengan p < 0,05 maka H3 diterima. Variabel X4 (mengenali emosi orang lain) tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan, hasil uji memiliki nilai thitung < ttabel (0,697 < 1,960) dengan p > 0,05 maka H4 ditolak. Variabel X5 (membina hubungan dengan orang lain) berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan, hasil uji memiliki nilai thitung > ttabel (2,517 > 1,960) dengan p < 0,05 maka H5 diterima. Diperoleh kesimpulan bahwa variabel X5 (membina hubungan dengan orang lain) memiliki pengaruh paling dominan terhadap prestasi kerja karyawan PT. PLN (Persero) APJ Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, prestasi kerja, karyawan PT. PLN (Persero) APJ Surakarta
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 04 Jul 2009 06:03
Last Modified: 16 Nov 2010 14:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3432

Actions (login required)

View Item View Item