Ermawati, Ari (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA SMP POKOK BAHASAN HIMPUNAN MELALUI PERTANYAAN-PERTANYAAN INOVATIF (PTK SMP N I Boyolali Kelas VII Semester 2 Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410050013.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF
A410050013.pdf Download (197kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep pada siswa SMP pokok bahasan himpunan melalui pertanyaan-pertanyaan inovatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subyek penerima tindakan adalah siswa SMP N 1 Boyolali kelas VII F tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 24 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII F, metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan pemahaman konsep pada siswa SMP pokok bahasan himpunan melalui pertanyaan-pertanyaan inovatif, yang dilihat dari prestasi belajar siswa yaitu sebelum tindakan adalah 7,3 menjadi 7,1 dan meningkat menjadi 8,4. Daya serap pemahaman konsep siswa sebelum tindakan 62,50 % menjadi 52,17 % dan meningkat menjadi 100%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman konsep, pertanyaan onovatig |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 03 Jul 2009 08:50 |
Last Modified: | 24 Oct 2011 05:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3412 |
Actions (login required)
View Item |