Hubungan Antara Kemampuan Mengajar Guru dengan Motivasi Berprestasi

Julianti, Sari and , Achmad Dwityanto, S.Psi., M.Si., (2015) Hubungan Antara Kemampuan Mengajar Guru dengan Motivasi Berprestasi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (743kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)

Abstract

Semua kemampuan yang dimiliki guru harus didasari dengan motivasi yang tinggi untuk mewujudkan kemajuan yang lebih baik dari kemampuan yang guru miliki sebelumnya. Namun, adanya motivasi rendah cenderung cepat menyerah apabila berhadapan dengan tugas yang semakin sulit sehingga menimbulkan kemampuan yang kurang optimal dalam mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ada hubungan kemampuan mengajar dengan motivasi berprestasi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan mengajar dengan motivasi berprestasi. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara kemampuan mengajar dengan motivasi berprestasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 42 guru di 5 Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tuntang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi product moment menggunakan program bantu SPSS 19,0 For Windows Program. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil koefisien korelasi rxy= 0,317 dengan sig= 0,02 (p ≤ 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan mengajar dengan motivasi berprestasi. Sumbangan efektif (SE) kemampuan mengajar dengan motivasi berprestasi sebesar 10,1% ditunjukkan oleh koefisien determinasi (r²) sebesar 0,101. Tingkat kemampuan mengajar guru tergolong cukup sedangkan tingkat motivasi berprestasi tergolong rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengajar, Motivasi berprestasi
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: sari julianti
Date Deposited: 10 Jul 2015 06:56
Last Modified: 11 Oct 2021 13:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34114

Actions (login required)

View Item View Item