Julianti, Sari and , Achmad Dwityanto, S.Psi., M.Si., (2015) Hubungan Antara Kemampuan Mengajar Guru dengan Motivasi Berprestasi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf Download (743kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
03. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
Abstract
Semua kemampuan yang dimiliki guru harus didasari dengan motivasi yang tinggi untuk mewujudkan kemajuan yang lebih baik dari kemampuan yang guru miliki sebelumnya. Namun, adanya motivasi rendah cenderung cepat menyerah apabila berhadapan dengan tugas yang semakin sulit sehingga menimbulkan kemampuan yang kurang optimal dalam mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ada hubungan kemampuan mengajar dengan motivasi berprestasi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan mengajar dengan motivasi berprestasi. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara kemampuan mengajar dengan motivasi berprestasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 42 guru di 5 Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tuntang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi product moment menggunakan program bantu SPSS 19,0 For Windows Program. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil koefisien korelasi rxy= 0,317 dengan sig= 0,02 (p ≤ 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan mengajar dengan motivasi berprestasi. Sumbangan efektif (SE) kemampuan mengajar dengan motivasi berprestasi sebesar 10,1% ditunjukkan oleh koefisien determinasi (r²) sebesar 0,101. Tingkat kemampuan mengajar guru tergolong cukup sedangkan tingkat motivasi berprestasi tergolong rendah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan mengajar, Motivasi berprestasi |
Subjects: | Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | sari julianti |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 06:56 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 13:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34114 |
Actions (login required)
View Item |