Meningkatkan Perkembangan Kognitif Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Kelompok Usia 5-6 Tahun (Kelas Kreatif) Di PAUD Qurrota A’yun Mojolegi, Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015

HABIBAH, AULIA INTAN and , Ilham Sunaryo, M.Pd.AUD and , Junita Dwi Wardhani, SE. M,Ed (2015) Meningkatkan Perkembangan Kognitif Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Kelompok Usia 5-6 Tahun (Kelas Kreatif) Di PAUD Qurrota A’yun Mojolegi, Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
naskah publikasi full.pdf

Download (835kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (734kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
lampiran full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Melalui permainan pembelajaran akan terasa menyenangkan dan dapat diserap anak dengan maksimal. Permainan juga dapat meningkatkan perkembangan anak termasuk perkembangan kognitif. Meningkatkan perkembangan kognitif sebagai daya mempersepsikan segala sesuatu yang dapat dilihat, didengar dan dirasakan oleh anak usia dini, sehingga mempunyai pemahaman secara komperhensif. Kemudian penerapan permainan puzzle merupakan alternative dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok usia 5-6 (kelas kreatif). Dalam penelitian tindakan ini bertujuan untuk mendiskripsikan efektivitas permainan puzzle dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok usia 5-6 (kelas kreatif). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini anak kelompok usia 5-6 (kelas kreatif). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan perolehan hasil analisis data ini pada efektivitas penerapan permainan puzzle dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok usia 5-6 (kelas kreatif), menunjukkan bahwa untuk pra siklus sebesar 49%, siklus I 61% dan siklus II 85%. Artinya dapat disimpulkan bahwa adanya efektivitas penerapan permainan puzzle untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok usia 5-6 (kelas kreatif) di PAUD Qurrota A’yun Mojolegi, Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perkembangan kognitif, permainan puzzle
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Aulia Intan Habibah
Date Deposited: 03 Jul 2015 03:21
Last Modified: 08 Oct 2021 02:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34038

Actions (login required)

View Item View Item