HABIBAH, AULIA INTAN and , Ilham Sunaryo, M.Pd.AUD and , Junita Dwi Wardhani, SE. M,Ed (2015) Meningkatkan Perkembangan Kognitif Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Kelompok Usia 5-6 Tahun (Kelas Kreatif) Di PAUD Qurrota A’yun Mojolegi, Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
naskah publikasi full.pdf Download (835kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf Download (734kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
lampiran full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Melalui permainan pembelajaran akan terasa menyenangkan dan dapat diserap anak dengan maksimal. Permainan juga dapat meningkatkan perkembangan anak termasuk perkembangan kognitif. Meningkatkan perkembangan kognitif sebagai daya mempersepsikan segala sesuatu yang dapat dilihat, didengar dan dirasakan oleh anak usia dini, sehingga mempunyai pemahaman secara komperhensif. Kemudian penerapan permainan puzzle merupakan alternative dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok usia 5-6 (kelas kreatif). Dalam penelitian tindakan ini bertujuan untuk mendiskripsikan efektivitas permainan puzzle dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok usia 5-6 (kelas kreatif). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini anak kelompok usia 5-6 (kelas kreatif). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan perolehan hasil analisis data ini pada efektivitas penerapan permainan puzzle dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok usia 5-6 (kelas kreatif), menunjukkan bahwa untuk pra siklus sebesar 49%, siklus I 61% dan siklus II 85%. Artinya dapat disimpulkan bahwa adanya efektivitas penerapan permainan puzzle untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok usia 5-6 (kelas kreatif) di PAUD Qurrota A’yun Mojolegi, Boyolali.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perkembangan kognitif, permainan puzzle |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Aulia Intan Habibah |
Date Deposited: | 03 Jul 2015 03:21 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 02:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34038 |
Actions (login required)
View Item |