Evektifitas Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Geografi Materi Kelayakan Planet Bumi Bagi Kehidupan Di Kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta

Wisnu, Mohamad and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2015) Evektifitas Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Geografi Materi Kelayakan Planet Bumi Bagi Kehidupan Di Kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASII.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
SURAT PRNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual pada pembelajaran geografi kelas X semester satu tentang materi kelayakan planet bumi bagi kehidupan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IIS dengan jumlah 161 orang, yang terbagi menjadi satu kelas kontol dan tiga kelas eksperimen. Kelas kontrol adalah kelas yang pembelajarannya dengan metode konvensional (Media power point), sedangkan kelas eksperimen adalah kelas yang pembelajarannya dengan PBL (Media audio visual). Video berisikan tentang perbedaan Planet Bumi dengan Planet lain, faktor-faktor penunjang kehidupan, serta langkah dalam melestarikan faktor penunjang kehidupan di Bumi. Teknik pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas Alpha Cronbach. Pengambilan data nilai pengetahuan siswa dilakukan dengan pre test dan post test. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas Equal Variances Assumed, dan uji hipotesis T-Test for Equality of Means, dengan SPSS 16. Data yang diperoleh menunjukan nilai rata-rata pre test kelas kontrol 71,21 dan kelas eksperimen 1, 2, dan 3 masing-masing 72,57, 70,65, 71,72, yang artinya pre test kelas kontrol dan eksperimen tidak berbeda secara sigifikan. Rata-rata nilai post test kelas kontrol 73, 84, dan kelas eksperimen 1, 2, dan 3 masing-masing 80,65, 80,65, 80,87. Hasil perhitungan Hipotesis dengan T-Test for Equality of Means diperoleh nilai probabilitas kelas eksperimen 1, 2, dan 3 masing-masing 0,010, 0,022, dan 0,022 dengan taraf signifikan nilai alpha 0,05. Berdasarkan data tersebut, maka hipotesis yang telah ditetapkan dinyatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual pada pembelajaran geografi materi kelayakan pelanet bumi bagi kehidupan di kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta efektif digunakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Efektivitas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mohamad Wisnu
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:22
Last Modified: 11 Oct 2021 03:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34013

Actions (login required)

View Item View Item