Pengaruh Kemampuan Ekonomi Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Kecenderungan Putus Sekolah Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Doholor Kelurahan Doho Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri Tahun 2014

PURWANTO, DWI and , Drs. Djalal Fuadi, MM. and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Pengaruh Kemampuan Ekonomi Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Kecenderungan Putus Sekolah Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Doholor Kelurahan Doho Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (23MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan ekonomi keluarga dan motivasi belajar terhadap kecenderungan putus sekolah di Desa Doholor Kelurahan Doho Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk yang mempunyai anak usia sekolah dasar di Desa Doholor Kelurahan Doho Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri Tahun 2014 yang berjumlah 120 orang. Sampel diambil sebanyak 30 penduduk yang mempunyai anak usia sekolah dasar atau 30% dari populasi yang meliputi anak usia sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel menggunakan non random sampling dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi, serta perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan ekonomi keluarga berpengaruh negatif terhadap kecenderungan putus sekolah pada anak di Desa Doholor Kelurahan Doho Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar -4,755 diterima pada taraf signifikansi 5%; dengan memberikan pengaruh sebesar 42.4% 2) Motivasi belajar anak berpengaruh negatif terhadap kecenderungan putus sekolah pada anak di desa Doholor Kelurahan Doho Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar -3,622 diterima pada taraf signifikansi 5%; dengan memberikan pengaruh sebesar 29,4% 3) Kemampuan ekonomi keluarga dan motivasi belajar anak secara bersama-sama berpengaruh terhadap kecenderungan putus sekolah pada anak di desa Doholor Kelurahan Doho Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 34,337 diterima pada taraf signifikansi 5%. Secara keseluruhan variabel pengaruh kemampuan ekonomi keluarga dan motivasi belajar anak memberikan pengaruh sebesar 71,8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain terhadap kecenderungan putus sekolah. Artinya tinggi rendahnya kecenderungan putus sekolah ditentukan oleh kemampuan ekonomi keluarga dan motivasi belajar anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan ekonomi keluarga, motivasi belajar, kecenderungan putus sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 01 Jul 2015 08:47
Last Modified: 12 Oct 2021 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34003

Actions (login required)

View Item View Item