PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI (Studi Pada Universitas Sebelas Maret Dan Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Adi , Titih Hanggara Trisna (2009) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI (Studi Pada Universitas Sebelas Maret Dan Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200050361.pdf

Download (159kB)
[img] PDF
B200050361.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri mahasiswa akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional yang diteliti terdiri dari aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial. Sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur dengan nilai-nilai Mata Kuliah Akuntansi, yang diwakili oleh Mata Kuliah Akuntansi Pengantar I, Akuntansi Pengantar 2, Akuntansi Keuangan Menengah I, Akuntansi Keuangan Menengah 2, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Pengauditan I, Pengauditan 2, Teori Akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan akuntansi pada Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sampel dalam penelitin ini adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan akuntansi yang sudah menempuh 120 SKS. Angkatan untuk responden dibatasi untuk angkatan 2005. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pengumpulan data dengan kuesioner diuji Validitas dan Uji Reliabilitas. Selanjutnya dilakukan pengujian asumsi klasik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda, Uji F, Uji koefisien Determinasi, dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H1 diterima pada taraf signifikansi 5% (P < 0,05). Artinya kemampuan mahasiswa dalam mengenal potensi, mengendalikan diri, motivasi, empati dan kemampuan berinteraksi dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari kecerdasan emosional dapat membantu dalam peningkatan pemahaman akuntansi; (2) Kepercayaan diri berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H2 diterima pada taraf signifikansi 5% (P < 0,05) artinya keyakinan atas kemampuan diri sendiri akan membantu meningkatkan pemahaman akuntansi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, kepercayaan diri, pemahaman akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 03 Jul 2009 07:30
Last Modified: 16 Nov 2010 14:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3394

Actions (login required)

View Item View Item