ANALISIS EFEK FOREIGN BRANDING ANTARA PERSEPSI KUALITAS DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP MINAT MEMBELI PRODUK FRESTEA DAN TEH BOTOL SOSRO (Studi Pada Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2005/2006)

EL MURSID , ABU (2009) ANALISIS EFEK FOREIGN BRANDING ANTARA PERSEPSI KUALITAS DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP MINAT MEMBELI PRODUK FRESTEA DAN TEH BOTOL SOSRO (Studi Pada Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2005/2006). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210040039.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
A210040039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan persepsi kualitas pada produk Foreign Branding dan Local Branding (2) Untuk mengetahui perbedaan sikap konsumen pada produk Foreign Branding dan Local Branding (3) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi kualitas dan sikap konsumen terhadap minat beli produk Foreign Branding dan Local Branding. Penelitian deskriptif kuantitatif ini mengambil populasi pada FKIP UMS angkatan 2005/2006 sebanyak 1139, dan diambil sampel sebanyak 100 dengan teknik probability sampling dengan tipe sampling aksidental. Penyajian data diperoleh dari angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis sumbangan efektif menunjukkan bahwa variabel persepsi kualitas (25,5%) dan (24%) lebih tinggi dari pada sumbangan variabel sikap konsumen (22,3%) dan (21,8%). Maka Persepsi kualitas memberikan pengaruh dominan terhadap minat membeli. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan persepsi kualitas terhadap produk foreign branding dan local branding, ditunjukan pada thitung > ttabel (18,479>1,980), pada taraf signifikansi 5%.persepsi kualitas pada produk frestea (83,330)lebih tinggi daripada persepsi kualitas produk sosro (72,410). (2) Terdapat perbedaan sikap konsumen terhadap produk foreign branding dan local branding, ditunjukan pada thitung > ttabel (18,088>1,980), pada taraf signifikansi 5%. Sikap konsumen pada produk frestea (49,270)lebih tinggi daripada sikap konsumen produk sosro (38,640). (3) Persepsi kualitas dan sikap konsumen secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat membeli frestea dan sosro, hasil uji hipotesis yang ketiga memperoleh thitung > ttabel yaitu pada frestea (44,294) > (3,07). Sedangkan pada sosro memperoleh thitung > ttabel (40,962) > (3,07) pada taraf signifikansi 5%. Dari analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh antara variabel persepsi kualitas dan sikap konsumen terhadap minat membeli, dengan persamaan sebagai berikut: Y1 = 3,268 + 0,378.X1 + 0,318.X2 Y2 = 6,846 + 0,317.X1 + 0,328.X2

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Persepsi Kualitas, Sikap Konsumen, Minat Beli, Foreign Branding dan Local Branding.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 18 Jul 2009 02:22
Last Modified: 16 Nov 2010 14:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3393

Actions (login required)

View Item View Item