HANDAYANI , TRI (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP N 1 WONOSARI KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410040171.pdf Download (34kB) |
|
PDF
A410040171.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (i). pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, (ii). pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (iii). interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Wonosari Klaten dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa yang dijadikan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dengan random sampling cara berkelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan uji komparasi ganda. Sebelum data dianalisis dilakukan uji keseimbangan terlebih dahulu, persyaratan uji analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas dari prestasi belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel dan minat belajar siswa. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5 % menunjukkan (i). = 36,418 > = 3,970 ini berarti ada pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar, (ii). = 262,422 > = 3,150 ini berarti ada pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (iii). = 0,191 < = 3,150 ini berarti tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata (mean) prestasi belajar kelas eksperimen sebesar 6,20 lebih baik daripada nilai rata-rata (mean) prestasi belajar kelas kontrol sebesar 5,58. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode problem solving dapat meningkatkan prestasi belajar matematika khususnya pokok bahasan SPLDV. Minat belajar yang satu dengan yang lain adalah tidak sama ada yang tinggi, sedang dan rendah. Perbedaan minat belajar tersebut mempengaruhi prestasi belajar siswa. Semakin tinggi minat belajar siswa, prestasi yang diraih semakin baik dan sebaliknya rendahnya minat belajar siswa mengakibatkan rendahnya prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN MATEMATIKA PROBLEM SOLVING MINAT BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 02 Jul 2009 08:39 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 14:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3384 |
Actions (login required)
View Item |