AYU PRASTIWI, SHINTA and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2015) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Kelas I SD Negeri Singopuran 2 Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Singopuran 2 untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mengadakan penelitian yang bertujuan untuk: (1) Meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Singopuran 2 Kartasura, (2) Meningkatkan kwalitas guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Singopuran 2 Kartasura. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 3 tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diawali dengan kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode SAS ( Struktural Analitik Sintetik) mampu meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Singopuran 2 Kartasura dan pelaksanaan metode SAS ( Struktural Analitik Sintetik) hanya dilakukan pada siklus I pertemuan II, siklus II pertemuan I dan II. Pada siklus I pertemuan I hanya dilakukan pengenalan metode SAS. Sebelum tindakan niai rata-rata 61,7, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 71,3, di siklus II pertemuan I meningkat lagi menjadi 76,3 kemudian dilanjutkan siklus II pertemuan II dan berhasil memperoleh rata-rata 80,3. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik mampu meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Singopuran 2. Kata kunci : keterampilan membaca permulaan,metode SAS
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca permulaan,metode SAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 29 Jun 2015 08:37 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33819 |
Actions (login required)
View Item |