ILHAM, RIZHA RIFTIAN and , Minsih, S.Ag., M.Pd (2015) Penerapan Multiple Intelligence Di SDNegeri 6 Tahunan Jepara (Studi Kasus Di SD Negeri 6 Tahunan Jepara Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (777kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (170kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (349kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Penerapan Multiple Intelligence di SD Negeri 6 Tahunan Jepara; (2) Sarana Prasarana yang ada di SD Negeri 6 Tahunan Jepara dalam mendukung kecerdasan majemuk siswa; (3) Strategi yang dilakukan dalam mengarahkan siswa menuju keahlianya masingmasing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus pada situasi sosial. Sumber data terdiri atas informan, kondisi sosial tempat riset, dan dokumen dari sekolah yang dijadikan tempat riset. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Wawancara mendalam (2) Observasi (3) Dokumentasi. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat penerapan Multiple Intelligence yang terjadi di SD Negeri 6 Tahunan yang meliputi Input, Proses, dan Output. Penerapanya ada pada Proses dimana dalam proses siswa diarahkan menuju kemampuan terbaiknya dan diberi pelatihan intensif (2) Sarana Prasarana telah digunakan secara maksimal dalam pembelajaran serta ekstrakurikuler dalam mendukung kecerdasan majemuk siswa, sarana prasarana berupa kit pembelajaran, alat musik, gedung perpustakaan serta mushola. (3) tidak terdapat strategi khusus yang diterapkan oleh sekolah, hanya memilih siswa yang berbakat padahal tertentu melalui program stimulasi melalui pembelajaran dan diberi pelatihan khusus guna mencapai kecerdasan alaminya masing-masing. Kata kunci : Multiple Intelligence, Kecerdasan, Penerapan
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multiple Intelligence, Kecerdasan, Penerapan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 29 Jun 2015 07:59 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33818 |
Actions (login required)
View Item |