Penerapan Multiple Intelligence Di SDNegeri 6 Tahunan Jepara (Studi Kasus Di SD Negeri 6 Tahunan Jepara Tahun 2014)

ILHAM, RIZHA RIFTIAN and , Minsih, S.Ag., M.Pd (2015) Penerapan Multiple Intelligence Di SDNegeri 6 Tahunan Jepara (Studi Kasus Di SD Negeri 6 Tahunan Jepara Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (777kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (349kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Penerapan Multiple Intelligence di SD Negeri 6 Tahunan Jepara; (2) Sarana Prasarana yang ada di SD Negeri 6 Tahunan Jepara dalam mendukung kecerdasan majemuk siswa; (3) Strategi yang dilakukan dalam mengarahkan siswa menuju keahlianya masingmasing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus pada situasi sosial. Sumber data terdiri atas informan, kondisi sosial tempat riset, dan dokumen dari sekolah yang dijadikan tempat riset. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Wawancara mendalam (2) Observasi (3) Dokumentasi. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat penerapan Multiple Intelligence yang terjadi di SD Negeri 6 Tahunan yang meliputi Input, Proses, dan Output. Penerapanya ada pada Proses dimana dalam proses siswa diarahkan menuju kemampuan terbaiknya dan diberi pelatihan intensif (2) Sarana Prasarana telah digunakan secara maksimal dalam pembelajaran serta ekstrakurikuler dalam mendukung kecerdasan majemuk siswa, sarana prasarana berupa kit pembelajaran, alat musik, gedung perpustakaan serta mushola. (3) tidak terdapat strategi khusus yang diterapkan oleh sekolah, hanya memilih siswa yang berbakat padahal tertentu melalui program stimulasi melalui pembelajaran dan diberi pelatihan khusus guna mencapai kecerdasan alaminya masing-masing. Kata kunci : Multiple Intelligence, Kecerdasan, Penerapan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligence, Kecerdasan, Penerapan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jun 2015 07:59
Last Modified: 12 Oct 2021 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33818

Actions (login required)

View Item View Item