PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PYTHAGORAS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (PTK di SMP Negeri 2 Kebakkramat Tahun Ajaran 2008/2009)

SUKAMTI , SUKAMTI (2009) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PYTHAGORAS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (PTK di SMP Negeri 2 Kebakkramat Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040151.pdf

Download (58kB)
[img] PDF
A410040151.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran kontekstual. Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui tiga aspek : 1) Aktivitas bertanya, 2) Aktivitas mengemukakan ide/pendapat, 3) Aktivitas mengerjakan soal di depan kelas. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII C SMP N 2 Kebakkramat, Subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas VIII C sejumlah 40 siswa dan peneliti sebagai subyek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskripsif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu peningkatan aktivitas belajar siswa di akhir penelitian yang meliputi aktivitas bertanya dari 2 siswa (5%) meningkat menjadi 29 siswa (72,50%), aktivitas mengemukakan ide/pendapat dari 1 siswa (2,50%) menjadi 28 siswa (70%), aktivitas mengejakan soal di depan kelas dari 3 siswa (7,50%) menjadi 30 siswa (75%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas - Belajar, Teorema - Pythagoras, Pembelajaran - Kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 02 Jul 2009 08:00
Last Modified: 16 Nov 2010 15:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3375

Actions (login required)

View Item View Item