Septiani,, Titik and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Studi Kesiapan Guru Melaksanakan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar Se Kecamatan Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (575kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kesiapan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran berbasis tematik integratif, 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru kelas I, II, IV dan V pada Sekolah Dasar di Kecamatan Colomadu, 3) mendeskripsikan pelaksanaan penilaian otentik yang dilakukan oleh guru kelas I, II, IV dan V pada Sekolah Dasar di Kecamatan Colomadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas I, II, IV dan V pada Sekolah Dasar di Kecamatan Colomadu dan obyek penelitian ini adalah kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis tematik integratif pada Sekolah Dasar di Kecamatan Colomadu. Metode pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analis data melalui analisis kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas I, II, IV dan V pada Sekolah Dasar di kecamatan Colomadu telah memahami tentang Kurikulum 2013 dan melaksanakan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan saintifik serta melakukan persiapan pembelajaran yang sesuai dengan sistematika yang ditentukan pada kurikulum 2013. Guru kelas dalam melakukan penilaian otentik mengalami beberapa kendala yaitu karena banyaknya peserta didik yang harus dinilai sehingga penilaian yang dilakukan kurang menyeluruh dan optimal, serta banyaknya jenis penilaian yang harus dilakukan sehingga guru mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan, Kurikulum 2013, Tematik Integratif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 06:05 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33564 |
Actions (login required)
View Item |