Rahmawati, Nopiana Dewi and , Drs. Djumadi, M.Kes (2015) Tingkat Kesiapan Guru Dan Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Dalam Kurikulum 2013 Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (338kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (564kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (88kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (350kB) |
Abstract
Kurikulum merupakan seperangkat rencana serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum bersifat dinamis mengikuti perkembangan zaman, untuk itu pemerintah selalu mengkaji penggunaan kurikulum pada setiap satuan pendidikan. Guru memegang peran penting dalam perubahan dan implementasi Kurikulum 2013. Faktor utama keberhasilan implementasi kurikulum 2013 adalah kesesuaian kompetensi pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan persepsi personal SMP Muhammadiyah 2 Surakarta terhadap kurikulum 2013. (2) Persepsi personal SMP Muhammadiyah 2 Surakarta terhadap implementasi bertahap kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPA. (3) Hambatan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPA di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta.(4)Persepsi RPP. Jenis Penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu personal SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah9 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi proses pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi 9 personal SMP Muhammadiyah 2 SurakartaterhadapKurikulum 2013 seimbang antara persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif berasal dari unsure 1, 2 dan unsure 3 dalam Kurikulum 2013. Sedangkan, persepsi negative berasal dari unsure 4 dan unsure 5 dalam Kurikulum 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi implementasi kurikulum 2013, pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nopiana Dewi Rahmawati |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 06:41 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 02:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33563 |
Actions (login required)
View Item |